Banjir Distrik Sentani Rendam 111 Rumah Warga

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 10 April 2024 | 00:47 WIB
Banjir (pixabay)
Banjir (pixabay)

SinPo.id -  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan
banjir merendam sejumlah wilayah di Distrik Sentani, Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Senin 8 April 2024. Menurut dia, peristiwa ini terjadi setelah hujan lebat mengguyur kawasan tersebut.

"Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memantau lebih dari 100 rumah warga Sentani tergenang banjir. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura mencatat 111 unit rumah terendam di beberapa perumahan ketika banjir melanda kawasan terdampak," kata dia dalam keterangannya pada Selasa 9 April 2024

Adapun permukiman warga yang terdampak banjir meliputi Komplek YPKP, perumahan BTN Qaliwe, perumahan BTN Rofelle, dan perumahan BTN Citra Buana.

Selain itu, banjir juga turut menggenangi sejumlah ruas jalan di distrik Sentani, seperti Jalan Sosial, Jalan Pasar Baru, dan Lampu Merah Bandara, serta jalan raya di depan Markas Batalion Infanteri 751 Jayapura.

"Dari laporan visual yang diterima BNPB, tinggi muka air akibat banjir yang dipicu oleh hujan lebat ini sudah melewati batas trotoar jalan dengan arus yang terpantau deras. Akibatnya, jalan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan menggunakan satu jalur," kata dia

Merespons kejadian tersebut BPBD Kota Jayapura menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) guna membantu warga bersama tim gabungan melakukan penanganan darurat di wilayah terdampak serta melakukan pemantauan dan pengumpulan data.

Hingga Selasa 9 April 2024 pagi, laporan BPBD setempat menyebut banjir sudah berangsur surut. Saat ini tim gabungan bersama warga tengah membersihkan material sampah yang terbawa arus banjir dan lumpur di permukiman maupun jalan raya.

"Kendati demikian, BPBD setempat terus bersiaga terhadap potensi banjir kembali terjadi," tambahnya



sinpo

Komentar: