Arus Balik Mudik 2024

Puncak Arus Balik, 100.000 Lebih Pemudik Diprediksi Kembali ke Jabodetabek Hari Ini

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 15 April 2024 | 09:44 WIB
Arus balik lebaran (SinPo.id/ashar)
Arus balik lebaran (SinPo.id/ashar)

SinPo.id - PT Jasa Marga (Persero) memprediksi sebanyak 100.000 kendaraan akan kembali ke wilayah Jabodetabek melalui Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama pada puncak arus balik Lebaran 2024 hari ini, Senin, 15 April 2024. 

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan, hingga 14 April 2024 pukul 16.00 WIB, terpantau terjadi peningkatan lalu lintas pada Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi arah Jakarta. 

"Jasamarga Metropolitan Tollroad melalui Representative Office 3 (RO3) yang mengelola Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi memprediksi masih ada 40 persen pemudik atau lebih dari 100 ribu kendaraan yang akan kembali menuju Jabodetabek melalui Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama," kata Widiyatmiko dalam keterangannya dikutip Senin, 15 April 2024.

Beberapa upaya rekayasa lalu lintas dilakukan di ruas Tol Cipularang-Padaleunyi seperti buka tutup akses rest area sesuai diskresi kepolisian jika dibutuhkan, mengoptimalkan gardu transaksi menuju Jakarta di GT Kalihurip Utama serta penambahan Mobile Reader.

Kemudian kanalisasi di Simpang Susun Pasteur untuk memisahkan lalu lintas dari arah GT Pasteur dan GT Cileunyi menuju Jakarta, serta mengoperasikan fungsional Akses Masuk Ruas Tol Japek Selatan sampai Kutanegara sesuai diskresi dari kepolisian.

"Jasa Marga memastikan kesiagaan petugas di lapangan untuk melakukan berbagai upaya menjamin kenyamanan pengguna jalan selama arus balik di wilayah Jawa Barat," ujarnya.

Adapun, Jasa Marga sebelumnya mencatat sebanyak 1,5 juta kendaraan telah meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 hingga Hari Raya Idulfitri 2024. Jumlah kendaraan tersebut meningkat 45,58 persen dari volume lalu lintas normal. sinpo

Komentar: