Aksi Damai Batal, Polri Tetap Siapkan Keamanan di MK

Laporan: Firdausi
Jumat, 19 April 2024 | 10:37 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andhiko (SinPo.id/ Humas Polri)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andhiko (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Meski aksi damai yang akan dilakukan pendukung Prabowo-Gibran didepan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) batal, namun pihak kepolisian tetap menyiapkan sejumlah pengamanan yang super ketat di sekitaran MK. 

Karo Penmas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, persiapan dilakukan pihaknya tujuannya untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa dari pihak-pihak lain. 

"Ini sebagai langkah yang disiapkan Polri baik secara preemtif kemudian juga preventif," kata Brigjen Pol Trunoyudo, Jumat, 19 April 2024. 

Jenderal bintang satu ini tak membeberkan jumlah personel yang dikerahkan dalam pengamanan unjuk rasa hari ini. 

Hanya saja pihak menegaskan, bahwa anggota di lapangan tetap berkomitmen mengawal proses demoktasi hingga sampai putusan MK pada 22 April mendatang. 

"TNI-Polri tetap komitmen dan konsisten untuk mengawal proses demokrasi pemilu ini sampai dengan tuntas," ujarnya. 

Sebelumnya TKN Prabowo-Gibran mengklaim sebanyak 100 ribu pendukung Prabowo-Gibran akan menggelar aksi massa damai jelang putusan MK. 

Namun, rencana itu batal setelah mendapat permintaan dari Prabowo yang secara langsung mengimbau para mendukungnya agar tidak menggelar demo di depan MK hari ini. 

"Saya Prabowo Subianto meminta dengan sungguh-sungguh kepada masyarakat Indonesia khususnya 96,2 juta rakyat Indonesia yang telah memilih pasangan Prabowo-Gibran, untuk tidak melakukan aksi apapun di depan gedung MK ataupun di tempat-tempat lain demi menjaga kesejukan demokrasi, menjaga persatuan dan keutuhan bangsa,” kata Prabowo.sinpo

Komentar: