Rizki Demokrat: Peretasan Situs BSSN Sejujurnya Mengenaskan!!

Oleh: Satria Achmad Subagja
Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:04 WIB
Anggota Komisi I DPR, Rizki Aulia Rahman
Anggota Komisi I DPR, Rizki Aulia Rahman

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR, Rizki Aulia Rahman menilai peretasan pada laman Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa keamanan dan ketahanan ruang siber Indonesia masih dapat dibobol pihak lain dengan mudah.

"Lembaga yang diberikan otoritas untuk melindungi keamanan ruang siber Indonesia, lembaga yang ditugasi untuk mencegah dan mendeteksi segala potensi serangan siber. Sejujurnya, serangan ini sangat mengenaskan," kata Rizki saat dihubungi SinPo.id, Rabu (27/10).

Politisi Partai Demokrat itu juga menuturkan peretasan pada lama BSSN menimbulkan banyak pertanyaan dipublik. “Kami kira, isu ini akan memunculkan pertanyaan di publik, BSSN saja bisa diretas, bagaimana dengan institusi lain? Atau bagaimana dengan data-data kita yang disimpan di gawai kita, misalnya? Pada prinsipnya bukankah negara harus menjamin keamanan masyarakatnya?," tuturnya

Karenanya, Rizki mendorong agar peretasan tersebut dapat dievaluasi secara menyeluruh oleh pihak BSSN. Rizki juga menyampaikan bahwa saat ini Komisi I masih menunggu penjelasan resmi BSSN mengenai isu peretasan ini.

"BSSN harus berikan masyarakat kepercayaan bahwa mereka memiliki kapabilitas dan mampu menjaga serta menjamin keamanan siber Indonesia," ujarnya.sinpo

Komentar: