Selamat! Eks Danjen Kapassus Wisnu Bawa Kembali Pimpin Parisada Hindu 2021-2026

Laporan: Samsudin
Senin, 01 November 2021 | 11:00 WIB
Mahasabha XII PHDI selesai digelar/Net
Mahasabha XII PHDI selesai digelar/Net

SinPo.id - Gelaran Mahasabha XII PHDI yang berlangsung 28 - 31 Oktober 2021 dengan mengusung tema Kolaborasi dalam Harmoni Menuju Indonesia Maju ditutup secara daring oleh Wapres Ma'ruf Amin. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hadir dalam penutupan ini.

Pada Mahasabha XII PHDI ini, eks Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang juga Anggota Dewan Pengarah BPIP, Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya kembali terpilih untuk memimpin Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) periode 2021-2026.

Sebelumnya, Wisnu Bawa sudah menjabat Ketua PHDI periode 2016-2021 hasil dari Mahasabha XI yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur tahun 2016 lalu.

Menag Yaqut Cholil Qoumas yang menghadiri penutupan Mahasabha XII PHDI tersbeut memberikan ucapan selamat kepada Wisnu Bawa Tenaya yang terpilih kembali sebagai nahkoda PHDI Pusat periode 2021 - 2026.

"Kepada Ketua Umum PHDI dan jajaran pengurus saya mengucapkan selamat, semoga amanah dan bisa membawa organisasi dan umat Hindu ke arah yang lebih baik lagi," kata Yaqut Cholil Qoumas, seperti disampaikan dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

"Saya memang pantau Muhasbha ini dan minta agar gelaran lima tahun ini menjadi pintu konsolidasi dan persatuan bagi umat Hindu bukan menjadi ajang perpecahan. Buat umat tenang dan nyaman dalam beribadah," sambung Gus Yaqut. 

Menurut Gus Yaqut, perbedaan apapun, termasuk perbedaan pendapat dalam Muhasabha, adalah hal yang biasa. Tuhan menginginkan umatnya berbeda-beda termasuk dalam hal pendapat, tinggal bagaimana umat bersikap dalam memandang perbedaan itu. 

"Hari ini umat Hindu membuktikan bahwa mereka mampu menjalankan agenda lima tahunan ini dengan baik. Harapan saya umat Hindu menjadi contoh dan teladan bagi umat beragama lain dimana ada keseimbangan antara hubungan dengan Tuhan, manusia dan alam," ujar Gus Yaqut. 

Dijelaskan Gus Yaqut, dirinya melihat sendiri tatkala ke Bali di mana ada ketenangan, kedamaian, dan hubungan antar umat beragama yang berbeda itu bisa berjalan dengan baik dan harmonis. 

Gus Yaqut berharap kepengurusan PHDI ke depan dapat menjadi cerminan tentang apa yang dibahas dalam Muhasbha XIi. 

"Saya yakin dan percaya umat Hindu di bawah naungan PHDI yang dipimpin Bapak Wisnu Bawa Tenaya bisa mewujudkan semua ini. Atas nama Kementerian Agama, saya tidak akan mengurangi sedikitpun komitmen terhadap seluruh umat beragama, termasuk umat Hindu. Sebab, Kementerian Agama adalah milik semua agama," tandas Menag. 

Tampak hadir dalam penutupan Mahasbha XII, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, 
Dirjen Bimas Hindu Trihandoko Seto, ajaran pengurus PHDI serta perwakilan lembaga tinggi negara lainnya. 

Sekadar informasi, Wisnu Bawa Tenaya merupakan pria kelahiran Denpasar Bali pada 24 April 1958 lalu. Pria lulusan Akademi Militer pada 1981 ini sempat menyandang pelbagai jabatan prestisius di tubuh TNI.

Ia sempat menyandang jabatan sebagai Wadanjen Kopassus pada 2007 lalu. Kemudian ia naik menjadi Danjen Kopassus pada 8 September 2011-15 Juni 2012. Kemudian, ia juga sempat menjabat sebagai Panglima Kodam Udayana dari 2012-2014. Ia juga sempat memegang jabatan sebagai Koorsahli Panglima TNI 2014-2016.

Wisnu kemudian diangkat sebagai Anggota Dewan Pengarah UKP-PIP pada 7 Juni 2017-28 Februari 2018 lalu. Kemudian menjabat sebagai Anggota Dewan Pengarah BPIP pada 28 Februari 2018-sekarang.sinpo

Komentar: