Kena Kanker Prostat, SBY Sudah Lapor Jokowi Untuk Berobat Ke Luar Negeri

Laporan: Farez
Selasa, 02 November 2021 | 13:56 WIB
Presiden Joko Widodo dalam satu pertemuan dengan mantan Presiden ke enam, Susilo Bambang Yudhoyono/Net
Presiden Joko Widodo dalam satu pertemuan dengan mantan Presiden ke enam, Susilo Bambang Yudhoyono/Net

SinPo.id - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan medical check up dan perawatan di luar negeri dalam waktu dekat. SBY dikabarkan mengalami kanker prostat

Informasi itu dibenarkan dibenarkan oleh staf pribadinya, Ossy Dermawan.

"Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer),? ujarOssy Dermawan kepada wartawan, Selasa (2/11).

Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Kata Ossy dengan? kesehatan SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan.

Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, maka diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat.

Komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani SBY.

Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita SBY.

Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut,? kata Ossy, SBY sudah menelepon Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri.

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut,? sambungnya.

Ossy menekankan bahwa SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bola voli Lavani berlatih, melukis, membaca, menulis, berolahraga, serta kegiatan-kegiatan lain.

"Melalui press release ini, Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik,? pungkasnya.sinpo

Komentar: