Tok, tok! Komisi I DPR Sepakati Jenderal Andika Sebagai Panglima TNI

Laporan: Ari Harahap
Sabtu, 06 November 2021 | 13:53 WIB
KSAD Jenderal Andika disetujui sebagai Panglima TNI/Ist
KSAD Jenderal Andika disetujui sebagai Panglima TNI/Ist

SinPo.id - Komisi I DPR RI menyetujui pengangkatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI setelah dilakukan uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat mengakhiri fit and proper test di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11).

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, SE, MA, MSc sebagai panglima TNI," kata Meutya Hafid.

Uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI ini digelar kurang lebih sekitar 3 jam dengan banyak pandangan dan pertimbangan dari seluruh fraksi yang ada di Komisi I DPR.

Meutya menuturkan, rapat internal Komisi I DPR juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI, serta memberikan apresiasi atas dedikasinya.

Meutya mengatakan selanjutnya Komisi I akan bersurat kepada Pimpinan DPR agar keputusan itu dapat disahkan pada rapat paripurna.

"Dengan demikian komisi I akan berproses kepada pimpinan untuk dibawa kepada rapat paripurna," tutup Meutya.

Seperti diketahui, Jenderal Andika saat jalani fit and proper tes mengusung visi "TNI Adalah Kita". Ia mengatakan, dengan visi tersebut, ia ingin agar TNI dipandang sebagai bagian dari masyarakat Indonesia maupun internasional.

"Jadi kalau berangkat dari vision statement, Ibu, saya memilih 'TNI Adalah Kita'. Memang sangat singkat sekali, tetapi justru di sini saya ingin masyarakat Indonesia, masyarakat internasional untuk melihat TNI ini sebagai kita, atau bagian dari mereka," ujar Andika.

Seperti diketahui, Andika merupakan calon tunggal panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun dalam waktu dekat.sinpo

Komentar: