Bikin Malu Indonesia! Kargo Ducati Dibuka Ilegal Panitia Lokal WSBK Mandalika

Laporan: Samsudin
Kamis, 11 November 2021 | 15:24 WIB
Panitia lokal WBSK Mandalika otak-atik motor Ducati/Net
Panitia lokal WBSK Mandalika otak-atik motor Ducati/Net

SinPo.id - Kelakuan panitia lokal World Superbike Mandalika ini benar-benar bikin malu Indonesia. Betapa tidak, dia begitu lancang membongkar boks kargo motor yang disebut-sebut milik Ducati itu. Padahal hanya Bea-Cukai yang berhak melakukannya.

Video yang bisa bikin Indonesia tercoreng di dunia internasional itu bahkan beredar di media sosial dan ramai dihujat. Parahnya lagi, usai mengotak-atik motor pebalab dunia ini, si oknum pria berbaju putih seperti nampak dalam video itu malah terlihat santai berfoto selfie di depan motor tersebut.

Dipantau Kamis (11/11), Ducati menjadi trending topic Twitter dengan 5.354 tweet. Lalu WSBK juga jadi trending topic dengan 3.116 tweet. Ada lagi Memalukan dengan 3.358 tweet, Mandalika dengan 12 ribu tweet dan Norak dengan 1.453 tweet.

Motor-motor WSBK diketahui telah tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (8/11). Kargo diangkut oleh beberapa pesawat Boeing 777 kargo Qatar Airways yang datang dari Doha, Qatar. 

Kabar unboxing motor Ducati pertama kali disiarkan oleh media asing, Speedweek. Ducati mengetahui bahwa kargo motor milik rider pabrikan Michael Rinaldi sudah terbuka. Speedweek mendapatkan video dari korespondennya di Indonesia.

Ducati diklaim marah besar atas insiden pembongkaran boks kargo motor mereka jelang World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 ini. Speedweek melaporkan, Direktur Sport Ducati Corse Paolo Ciabatti marah terhadap insiden yang tak terduga ini. Hal ini dianggap sebagai kemunduran di dunia balap motor.

"Seperti kita ketahui bersama, di dunia motorsport kejadian seperti ini pernah terjadi di negara-negara berkembang, 40 tahun lalu," klaim laporan tersebut.

Diketahui, kargo logistik para pembalap hanya boleh dibuka oleh otoritas kepabeanan negara setempat dan tim pemilik kargo. Ini dilakukan demi mencegah spionase dan manipulasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Direktur Eksekutif SBK Gregorio Lavilla langsung menyampaikan permintaan maaf kepada Ducati dan mengaku telah memecat panitia lokal yang melakukan hal tersebut.

"Kami minta maaf sebesar-besarnya. Insiden ini di luar kontrol kami. Karyawan yang membuka kargo tersebut sudah dipecat," kata Lavilla.

 sinpo

Komentar: