Fenomena Relawan Capres, Nurdin Halid: Penting Untuk Pendidikan Politik

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 11 November 2021 | 15:46 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid/Ist
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid/Ist

SinPo.id - Kemunculan relawan calon Presiden menjelang Pilpres 2024 dinilai positif karena relawan banyak diisi oleh masyarakat kalangan akar rumput yang ingin mendapatkan sosok pemimpin yang lebih baik kedepannya.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid dalam diskusi bertema "Fenomena Kemunculan Relawan Capres Sejak Dini: Siapa Punya Ambisi?" di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (11/11).

Nurdin menganggap munculnya gerakan relawan menjelang Pilpres juga merupakan pendidikan politik bagi masyarakat dan hal tersebut akan berdampak positif pada proses demokrasi di Indonesia.

"Di dalam era demokratisasi multi partai maka pendidikan politik sangat penting untuk berfungsinya sebuah demokrasi maka dibutuhkan warga negara yang sadar akan pendidikan politik," ujar Nurdin Halid.

Dia mengatakan apabila pendidikan politik sudah diajarkan kepada masyarakat, maka demikian partisipasi politik akan dapat meningkat sehingga menghasilkan pemimpin yang baik untuk masyarakat.

"Pendidikan politik akan melahirkan partisipasi politik dan partisipasi politik tentu akan melahirkan pemimpin yang ideal," tuturnya.sinpo

Komentar: