Jakarta Terus-terusan Banjir, Wagub Riza Patria Beberkan Solusi Yang Disiapkan

Oleh: Pandu Satya
Sabtu, 13 November 2021 | 13:55 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Sin.Po/Pandu
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Sin.Po/Pandu

SinPo.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara terkait banjir yang terus menerus melanda ibu kota. Menurutnya, Pemprov DKI terus mencari solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Beberapa di antara yang sudah dilakukan untuk mengantisipasi banjir ini antara lain grebek lumpur, pengerukan tempat-tempat penampungan air, membangun sumur, dan pompa-pompa.

“Terkait banjir kemarin memang ada genangan ya, genangan di beberapa titik seperti di kemang, tapi Alhamdulillah dalam waktu yang cukup cepat genangan tersebut bisa surut,” ucap Ahmad Riza Patria,  saat membuka acara Musyawarah Wilayah (MUSWIL) Al Jam’iyatul Washliyah, Sabtu (13/11).

“Menurut rencana di akhir tahun ini sudah bisa selesai, dan sejauh ini memberikan konstribusi terhadap pengurangan banjir bandang atau pengiriman banjir dari arah bogor ke Jakarta” lanjut Riza.

Selain itu, Riza menyatakan bahwa Kementerian PUPR akan mambangun waduk di Cimahi, dan Ciawi. Projek tersebut direncanakan akan selesai pada akhir tahun dan berharap bisa memberi konstribusi terhadap pengrangan banjir bandang atau pengiriman banjir dari Bogor ke Jakarta.

Riza juga mengatakan bahwa untuk mengurangi potensi banjir di Jakarta, ruang terbuka hijau akan ditingkatkan. Tidak hanya di Jakarta, tapi di daerah-daerah sekitar Jakarta, seperti Cianjur, Bogor, hingga Ciawi.

“Beberapa waktu lalu juga dengan kementrian ATR BPN dipimpin pak Sofian Jalil kita telah menyusun perencanan tata ruang dan meningkatkan ruang terbuka hijau,” lanjut Riza.

Dan akhir kata, Riza meminta agar masyarakat Jakarta untuk senantiasa siap siaga menghadapi intensitas curah hujan yang terus meningkat, dan memastikan agar lingkungan tetap bersih terutama selokan-selokan.sinpo

Komentar: