Minimalisir Dampak Banjir, Pemprov DKI Siagakan Seluruh Petugas Hingga Ke RT-RW

Laporan: Samsudin
Sabtu, 13 November 2021 | 14:06 WIB
Pemprov DKI Jakarta siapsiaga antisipasi banjir musim hujan/Net
Pemprov DKI Jakarta siapsiaga antisipasi banjir musim hujan/Net

SinPo.id - Intensitas hujan pada 2021 ini cukup tinggi dan rata terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya banjir dan longsor, terkadang juga ada korban meninggal dari hujan deras ini.

Di ibu kota DKI Jakarta sendiri, banjir juga terjadi dalam beberapa waktu terakhir belakangan ini. Sebagai antisipasi sekaligus untuk meminimalisir dampak genangan banjir, Pemprov DKI Jakarta akan menerjunkan seluruh peralatan serta personel hingga ke tingkat RT-RW.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menyampaikan bahwa seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk Suku Dinas (Sudin) terkait, lurah hingga RT/RW selalu siaga saat terjadi hujan.

"Kami menyiagakan seluruh personel dan peralatan serta berkoordinasi dengan seluruh pihak saat hujan turun untuk mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada agar genangan atau banjir cepat surut. Terutama di wilayah atau titik rawan banjir. Kami memprioritaskan keselamatan warga," ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (13/11).

Dia menegaskan, kehadiran petugas seperti petugas prasarana dan sarana umum (PPSU), pompa air, damkar, koordinasi dengan RT/RW dan warga untuk membantu warga terdampak genangan/banjir. Selain itu, penanganan ini bertujuan agar genangan cepat surut sehingga jalan raya yang tergenang bisa tetap dilalui kendaraan.

"Kami berkoordinasi dengan para Walikota, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Kepala Dinas Sosial, Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, dan pihak lainnya," jelasnya.

Menurutnya, personel Pemprov DKI terus melakukan monitoring perkembangan situasi genangan/banjir dan siap melakukan penanggulangannya dengan memobilisasi personil, logistik dan peralatan ke lokasi banjir.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara terkait banjir yang terus menerus melanda ibu kota. Menurutnya, Pemprov DKI terus mencari solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Beberapa di antara yang sudah dilakukan untuk mengantisipasi banjir ini antara lain grebek lumpur, pengerukan tempat-tempat penampungan air, membangun sumur, dan pompa-pompa.

“Terkait banjir kemarin memang ada genangan ya, genangan di beberapa titik seperti di kemang, tapi Alhamdulillah dalam waktu yang cukup cepat genangan tersebut bisa surut,” ucap Ahmad Riza Patria,  saat membuka acara Musyawarah Wilayah (MUSWIL) Al Jam’iyatul Washliyah, Sabtu (13/11).

 

Masyarakat dapat memantau informasi terkini wilayah terdampak banjir dan genangan melalui link pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt, aplikasi JAKI, maupun akun twitter @BPBDJakarta.

Perkembangan terkini wilayah terdampak banjir dan genangan akan diperbarui setiap tiga jam. Hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 apabila membutuhkan bantuan lebih lanjut.sinpo

Komentar: