Cegah Banjir, Pemprov DKI Harus Perbaiki Turap Sodetan Kali Semongol

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 30 Maret 2024 | 13:53 WIB
Ilustrasi banjir Jakarta. (SinPo.id/dok Pemprov DKI)
Ilustrasi banjir Jakarta. (SinPo.id/dok Pemprov DKI)

SinPo.id - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rany Mauliani meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI segera memperbaiki turap sodetan Kali Semongol dengan dimasukkan dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2025. Sebab, jika tak diperbaiki, masyarakat Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, akan selalu kena banjir dan air rob.

"Kali Semongol ini memang butuh sodetan, butuh turap dan sebagainya. Itu jadi titik utama buat kita support di rancangan anggaran periode tahun 2025," kata Rany kepada wartawan pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Rany menilai, masyarakat sekitar Kali Semongol akan merasakan tempat tinggal layak tanpa takut kena banjir yang kerap melanda permukiman, apabila dibangun turap.

Senada, Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Inggard Joshua menganggap, turap sodetan Kali Semongol harus menjadi skala prioritas dalam RKPD Tahun 2025.

"Yang belum dilakukan, Kali Semongol, yaitu harus segera ada tindakan karena banyak teman-teman kita, warga kita yang masih terdampak banjir," kata Inggard.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto memastikan akan menuntaskan permasalahan normalisasi di Kali Semongol. Apalagi hingga saat ini belum dibuatkan turap dan waduk di Kamal Muara.

"Saya sudah sampaikan ke Pak Pj Gubernur betapa kasihannya warga yang berada di bantaran kali. Upaya yang dibutuhkan adalah percepatan normalisasi Kali Semongol dan Waduk Kamal Muara," kata Uus.sinpo

Komentar: