Terkait KDRT, Federasi Wanita Cina Terbitkan Panduan Pengumpulan Bukti Kekerasan

Laporan: Samsudin
Sabtu, 27 November 2021 | 09:50 WIB
Ilustrasi. All-China Women's Federation/ACWF terbitkan panduan terkait pengumpulan bukti KDRT/net
Ilustrasi. All-China Women's Federation/ACWF terbitkan panduan terkait pengumpulan bukti KDRT/net

SinPo.id - Federasi Wanita Seluruh Tiongkok (All-China Women's Federation/ACWF) menerbitkan sebuah panduan untuk mengumpulkan bukti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di tengah upaya-upaya untuk membantu para korban melindungi hak dan kepentingan mereka yang sah.

Daftar panduan tersebut memvalidasi bukti kekerasan dalam rumah tangga, termasuk bukti keterlibatan polisi, kewaspadaan polisi terhadap kekerasan dalam rumah tangga, dan bukti dukungan dari federasi perempuan, organisasi sosial, serta para pemimpin pekerja.

Daftar tersebut juga memvalidasi catatan medis dan tagihan, rekaman proses pelecehan, usaha tertulis untuk menghentikan perilaku kasar, serta kesaksian saksi.

Jika pelaku membuat ancaman atau mengintimidasi korban melalui panggilan telepon, pesan teks, pesan WeChat, atau surel, korban harus mendokumentasikannya dengan rekaman atau tangkapan layar, tutur panduan itu.

Penerbitan tersebut bertepatan pada 25 November yang merupakan Hari Antikekerasan terhadap Perempuan Internasional.sinpo

Komentar: