Plat Ganjil Harap Minggir Dulu! Hari Ini Depok Berlakukan Gage Di Margonda Raya

Laporan: Samsudin
Sabtu, 04 Desember 2021 | 08:37 WIB
Ilustrasi. Depok mulai berlakukan ganjil genap khusus akhir pekan/net
Ilustrasi. Depok mulai berlakukan ganjil genap khusus akhir pekan/net

SinPo.id - Pemberlakuan uji coba sistem ganjil genap (gage) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat mulai dilaksanakan hari ini, Sabtu (4/12). Uji coba dilaksanakan mulai dari Simpang Ramanda hingga flyover Universitas Indonesia (UI).

Karena hari ini tanggal genap, maka kendaraan dengan pelat ganjil disarankan untuk menghindari jalan tersebut.Uji coba gage di Margonda, Depok ini dimulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB dan diberlakukan pada Sabtu dan Minggu (5/12).

"Ganjil genap akan dilakukan hanya pada akhir pekan, karena memang kondisi macet kerap terjadi. Ini salah satu solusi untuk mengurangi volume kendaraan, " kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra,” sebelumnya.

Rencananya uji coba pelaksanaan gage Margonda akan dikawal 168 personel gabungan, mulai dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan Kota Depok, dan Satpol PP Kota Depok.

“Kami sudah melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait, (dapat) dukungan juga dari Pak Wali Kota," kata Jhoni.

Menurut Jhoni, tahap awal pemberlakuan ganjil genap masih merupakan sosialisasi sehingga tidak ada pelanggar yang ditindak. Meski demikian, masyarakat yang menggunakan kendaraan dengan pelat nomor tidak sesuai tanggal, ia minta untuk menunda perjalanan.

Jhoni menjelaskan ganjil genap hanya diberlakukan kepada kendaraan roda empat. Namun, tak berlaku pada kendaraan khusus seperti ambulans ataupun dengan kondisi darurat lainnya. Menurutnya, pengendara motor dan angkutan umum tidak dikenakan aturan ganjil genap tersebut. Selain itu, kata Jhoni, belum ada penindakan terhadap mobil yang melanggar.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, kebijakan ganjil genap ini bisa didukung, sehingga permasalahan lalu lintas khususnya di hari Sabtu dan Minggu bisa kami atasi secara bersama sama," imbuhnya.sinpo

Komentar: