Duel Panas Piala AFF 2020! ?Ini Kata Pelatih Malaysia Jelang Hadapi Indonesia

Laporan: Ari Harahap
Sabtu, 18 Desember 2021 | 18:09 WIB
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe/net
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe/net

SinPo.id - Duel panas akan tersaji pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020. Laga tersebut akan mempertemukan musuh bebuyutan negara serumpun yaitu Indonesia vs Malaysia.

Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang untuk dapat lolos menuju semifinal Piala AFF 2020 ini. Sedangkan Malaysia, wajib mengalahkan Indonesia apabila tidak ingin pulang kampung lebih dahulu.

Akan tetapi laga ini diprediksi tidak akan berjalan mudah untuk Timnas Garuda. Indonesia perlu waspada pada laga itu. Pasalnya Indonesia memiliki catatan kurang memuaskan saat bertemu dengan Malaysia dibawah asuhan Tan Cheng Hoe.

Harimau Malaya (julukan Timnas Malaysia) dibawah asuhan Tan Cheng Hoe sebelumnya berhasil mengalahkan Timnas Garuda di laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Selain itu, Malaysia juga berhasil mengalahkan Indonesia dua kali pada ajang tersebut, baik saat bermain kandang ataupun tandang.

Kemenangan pertama disabet di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 5 September 2019. Saat itu, Timnas Malaysia secara dramatis menang 3-2 atas Timnas Indonesia.

Dua bulan kemudian gantian Malaysia yang menjamu Timnas Indonesia. Hasilnya anak didik Tan Cheng Hoe berhasil menang 2-0 lewat dua gol dari Safawi Rasid.

Tan Cheng Hoe memprediksi Indonesia akan bermain bertahan saat menghadapi anak asuhnya itu, mengingat Timnas Garuda hanya membutuhkan hasil imbang.

"Terpenting kami harus turun dengan atmosfer dan persiapan terbaik. Sebab, kami tahu Timnas Indonesia hanya ingin seri. Kami berharap Timnas Indonesia bermain bertahan," ujar Tan Cheng Hoe dilansir dari Media Malaysia, Harian Metro.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan kondisi dan kepercayaan diri anak asuhnya terus meningkat jelang menghadapi laga tersebut.

"Saya minta kepada para pemain agar mempersiapkan diri dengan baik. Memang terlihat dari pemain step by step kondisi dan percaya diri mereka meningkat," kata Shin dalam konferensi pers virtual, Sabtu (18/12).

Indonesia membawa modal yang lebih bagus dibanding Malaysia. Sebab, sebelumnya Indonesia berhasil mencuri satu poin dari Vietnam karena bermain imbang pada pertemuan sebelumnya.

Untuk itu, mantan Pelatih Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 di Rusia itu yakin anak didiknya mampu mencuri poin saat hadapi Malaysia nanti.

"Jadi saya percaya bisa mendapat hasil yang baik melawan Malaysia," tegasnya.sinpo

Komentar: