Cak Imin Sebut Gus Yahya Miliki Kesamaan Dengan Gus Dur

Laporan: Ari Harahap
Senin, 20 Desember 2021 | 11:13 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar/net
Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar/net

SinPo.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengungkapkan KH Yahya Cholil Staquf atau yang biasa dipanggil Gus Yahya memiliki kesamaan dengan Tokoh Legendaris NU KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Wakil Ketua DPR yang akrab disapa Cak Imin itu menilai Gus Yahya merupakan satu dari sekian banyak murid Gus Dur yang bisa memahami dan menyelami pikiran-pikiran Gus Dur.

Menurutnya, hal tersebut bukan hanya karena Gus Yahya selalu diajak diskusi oleh Gus Dur, akan tetapi lantaran keduanya memiliki kesamaan.

"Gus Dur dan Gus Yahya ini sama-sama punya rasa percaya diri yang tinggi dan keberanian," ujar Cak Imin saat peluncuran buku karya AS Laksana berjudul 'Menghidupkan Gus Dur: Catatan Kenangan Yahya Cholil Staquf', di Jakarta, Minggu (19/12).

Dia mencontohkan, saat Gus Dur menjabat sebagai Presiden RI dan mengeluarkan Dekrit Presiden, hanya Gus Yahya yang berani membacakan Dekrit tersebut.

Sementara itu, Putri Gus Dur, Yenni Wahid menyebut Gus Yahya mendampingi Gus Dur dalam periode sangat penting dalam kehidupan Gus Dur yang penuh momentum sejarah.

"Saya rasa itu hak istimewa yang luar biasa. Saya berterima kasih kepada Gus Yahya, dengan kesibukannya beliau meluangkan waktu menceritakan kehidupan Gus Dur," kata Yenni.sinpo

Komentar: