Bukan Gak PeDe Ya! PDIP Hargai Keberagaman, Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Laporan: Ari Harahap
Senin, 27 Desember 2021 | 14:10 WIB
Wasekjen PDI Perjuangan Arif Wibowo/net
Wasekjen PDI Perjuangan Arif Wibowo/net

SinPo.id - PDI Perjuangan membuka peluang berkoalisi dengan partai politik lainnya pada Pilpres 2024 yang akan datang. Sebab, bagi PDI Perjuangan, koalisi dalam politik merupakan suatu keniscayaan.

Demikian disampaikan Wasekjen PDI Perjuangan Arif Wibowo dalam rilis Survei Nasional Political Outlook 2022: Meneropong Poros Koalisi Partai Politik, Senin (27/12).

Arif mengatakan keberagaman Indonesia menjadikan cara pandang politik bagi partainya untuk membuka peluang berkoalisi. Walaupun, secara konstitusional PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai yang bisa mengusung Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) sendiri.

"Jadi pasti kita berteman nanti dengan partai-partai yang lain untuk mengusung siapa Capres dan Cawapresnya," ujar Arif

Akan tetapi, Anggota Komisi II DPR itu menjelaskan, koalisi tersebut harus berdasarkan pada kesepahaman dan kesepakatan tentang Indonesia di masa yang akan datang.

"Tidak mungkin kita sendirian, lagi pula kalaupun sendirian urusan menang-menangan juga tidak ada manfaatnya bagi kepentingan Bangsa," jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Arif pihaknya menghargai keberagaman Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya ini. Sehingga hal tersebut perlu diurus secara bersama-sama.

"Dalam konteks itulah maka sedapat mungkin di dalam politik yang kita tempuh adalah musyawarah untuk mencapai mufakat," tandasnya.sinpo

Komentar: