Ramai Soal NFT, Lukisan Self Portrait Ridwan Kamil Laku Rp 45,9 Juta

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 16 Januari 2022 | 09:00 WIB
NFT Ridwan Kamil laku terjual Rp 45 juta/Ig @Ridwankamil
NFT Ridwan Kamil laku terjual Rp 45 juta/Ig @Ridwankamil

SinPo.id - Istilah Non-fungible token (NFT) kian trend baru-baru ini setelah pemilik akun OpenSea dengan nama akun Ghozali EveryDay kaya mendadak karena menjual foto selfie dirinya dalam bentuk NFT.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga tak mau ketinggalan trend tersebut, dengan ikut menjual hasil karya NFT-nya berupa lukisan Self Portrait. Bahkan lukisannya laku dengan harga fantastis mencapai Rp 45,9 juta.

"LUKISAN SELF PORTRAIT SAYA INI LAKU TERJUAL DI @NFT MELALUI @opensea," tulis Ridwan Kamil melalui akun Instagramnya @Ridwankamil seperti dikutip SinPo.id, Minggu (16/1).

"Terjual 1 ETH atau setara dengan 45,9 juta rupiah," tambahnya.

Menurutnya, itu merupakan eksperimen keduanya, setelah sebelumnya berhasil menjual lukisan jalan Braga dengan harga Rp 4,2 juta melonjak delapan kali lipat yang biasanya laku dikisaran Rp 500 ribu.

"Setelah eksperimen menjualkan lukisan jalanan Braga, kali ini saya eksperimen menjual karya kreatif sendiri berjudul 'Pandemic Self Portrait', ucapnya.

Kang Emil menyebut, hasil dari penjualan dari karya NFT-nya itu akan disumbangkan kepada yayasan pengurus anak-anak yang menjadi yatim piatu karena terdampak Covid-19 di Jawa Barat.

Dengan adanya trend NFT, kang Emil mengaku akan membuat akun khusus di platform digital ini. Hal itu untuk membantu menjual karya para pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat supaya nilai ekonominya berlipat.

Selain itu, dengan adanya NFT dan platform opensea ini, kang Emil menilai hal tersebut merupakan peluang dan cara baru untuk menuju kesejahteraan. Ia juga mengajak untuk beradaptasi dengan adanya trend NFT ini.

"Hayu pada diseriusin hijrah digitalnya," tutupnya.sinpo

Komentar: