PILKADA 2024

Ridwan Kamil Putuskan Maju Pilgub Jabar atau Jakarta pada Juni

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 23 Maret 2024 | 21:12 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/ Tim Media)
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (SinPo.id/ Tim Media)

SinPo.id - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) menyatakan bakal memutuskan maju sebagai calon gubernur (cagub) untuk Jawa Barat atau Jakarta pada Juni 2024. Namun, dia mengaku masih ingin berada di Jabar.

"Nanti bulan Juni saya putuskan. Sama, hati tetap berat ke Jabar, tapi saya tidak menutup kemungkinan Jakarta, keputusan akhirnya mungkin di bulan Juni sesuai survei," kata Ridwan Kamil dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu, 23 Maret 2024.

Saat ini, Kang Emil tengah mempersiapkan diri untuk meningkatkan elektabilitasnya sampai Juni. Sehingga, ketika dipasangkan dengan siapa pun maka lebih muda terjadi kesepahaman.

"Pencoblosan (Pilkada) kan November, mulai kampanye bulan September, pendaftaran bulan Agustus, perjodohan di bulan Juli, PDKT di bulan Juni gitu. Dari sini sampai ke Juni tingkatkan elektabilitas supaya pas PDKT dengan siapapun nyambung," ujarnya.

Kang Emil mengakui belum ada yang melakukan pendekatan pada dirinya. Termasuk, dari partai-partai pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

"Belum ada yang mendekati, di TKD juga belum ada pembicaraan pilkada. Ini masih jauh, kalau boleh tensinya turun dulu gitu, karena masih jauh," ucapnya.

Terkait dengan indikasi kelanjutan koalisi di pilkada, Emil mengatakan hal tersebut ideal karena hubungan antarpimpinan partai telah terbentuk. Bahkan ekosistem juga telah terbangun.

"Memang idealnya begitu. Kalau ternyata kesempatan pilkada juga ada pasangan yang kuat dan menjanjikan dalam koalisi 02, tentunya menjadi pilihan utama. Walaupun dari pengalaman koalisi pusat dengan daerah tidak selalu sebangun karena pilkada kan figur. Nah figurnya kadang-kadang datang dari partai-partai yang bukan koalisi, tapi kalau bisa dari koalisi itu tentunya lebih baik," katanya.sinpo

Komentar: