Menkominfo Ajak Media Sukseskan MotoGP Mandalika

Laporan: Samsudin
Jumat, 21 Januari 2022 | 23:57 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate/ist
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate/ist

SinPo.id - Kompetisi sirkuit tingkat dunia MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung bulan Maret mendatang. Ajang bergengsi tersebut tidak hanya akan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, tetapi juga akan berdampak pada peluang kerja dalam negeri. 

Demikian hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022 yang berlangsung secara daring dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (21/1).

 Johnny G. Plate menyatakan gelaran olahraga itu menjadi etalase industri olahraga Indonesia. Oleh karena itu, ia mengajak media massa untuk mendukung penyebaran informasi dan menyukseskan MotoGP Mandalika.

“MotoGP Mandalika adalah etalase Indonesia di sport industry. Baik etalase dalam negeri maupun luar negeri," katanya.

Sebagai salah satu olahraga yang cukup digemari di dunia, Johnny berharap dengan adanya momentum ini harus jaga dengan baik. 

"Karenanya pesan kunci yang terkait dengan kesiapan infrastruktur sirkuit itu sendiri dan kesiapan di sektor transportasi juga penting kita perhatikan,” jelasnya.

Peluang Lapangan Kerja

Dijelaskan Johnny G Plate, perhelatan MotoGP Mandalika 2022 akan memberikan dampak ekonomi dan investasi yang cukup besar. Terlebih investasi untuk pembangunan di Mandalika yang kini sudah mencapai sekitar USD150.

“Kita harapkan bahwa dampak langsung dari kegiatan MotoGP multiplier effect itu sekitar setengah triliun langsung bisa dihasilkan," imbuhnya. 

Setiap tahun, pariwisata Mandalika di samping MotoGP nanti bisa bertumbuh, karena juga menjadi destinasi pariwisata prioritas.

"Oleh karena itu, kita harapkan juga sekitar 40 juta dolar setiap tahun ada multiplier yang dihasilkan dari sisi perekonomian,” jelasnya.

Selain itu, MotoGP Mandalika telah memberikan efek peningkatan lapangan pekerjaan. Menteri Johnny menyatakan saat ini terbuka peluang hampir mencapai 11 ribu lapangan pekerjaan.

“Khusus untuk perhelatan MotoGP sendiri menyerap hampir 8 ribu orang. Dan yang berkaitan dengan UMKM dan tenaga kerja untuk peningkatan produk-produk UMKM sekitar 3 ribu orang. Jadi dampak langsungnya yang di sisi ekonomi berkaitan langsung dengan itu,” tuturnya .

Oleh karena itu, Menkominfo mengharapkan komunikasi publik yang dilaksanakan juga menyampaikan pesan mengenai dampak ekonomi serta branding Indonesia di dunia internasional.

“Sehingga tentu kita harapkan komunikasi publik dilakukan dengan baik agar branding Indonesia, domestik, dan dampak ekonomi serta branding Indonesia di etalase dunia bisa kita capai dengan baik,” ungkapnya.

Dalam forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022, Menkomifo didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. Hadir secara daring direktur utama dan pemimpin redaksi media massa di Indonesia.sinpo

Komentar: