Prabowo Paling Diinginkan Mayoritas Warga Jabar Jadi Presiden 2024

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 15 Februari 2022 | 16:41 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/net
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/net

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi menteri yang paling banyak mendapat dukungan dari warga Jawa Barat (Jabar) untuk menjadi Presiden dibanding menteri kabinet Indonesia maju lainnya.

Hal itu terungkap dari hasil temuan survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk 'Partai, Gubernur, dan Presiden: Pandangan Publik Jawa Barat' Selasa (15/2).

Dalam rilis survei tersebut Menhan Prabowo mendapat dukungan sebanyak 18,3 persen dari warga Jabar. Sedangkan Menparekraf Sandiaga Uno 5,1 persen, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 1,3 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir hanya 0,7 persen.

Dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra itu hanya kalah 0,1 persen dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memperoleh sebanyak 18,4 persen dukungan warga Jabar.

"Dalam simulasi 10 nama, ada empat tokoh yang mendapat dukungan teratas dan cukup seimbang: Anies 18,4 persen, Prabowo 18,3 persen, Ridwan Kamil 17,8 persen, Ganjar 15,8 persen," ujar Manajer program SMRC, Saidiman Ahmad.

"Sandi mendapat dukungan 5,1 persen, dan calon lain di bawah 3 persen. Yang belum tahu/tidak menjawab 19 persen," tambahnya.

Survei oleh SMRC ini dilakukan melalui telepon dengan total sampel 801 responden. Sampel dipilih secara acak dari populasi warga Jawa Barat yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone.

Wawancara dilakukan oleh tenaga pengumpul data yang terlatih pada 5-8 Februari 2022. Pembobotan data dilakukan sehingga profil demografi sampel proporsional terhadap populasi hasil sensus.

Margin of error survei diperkirakan +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.sinpo

Komentar: