Usut Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam, Kapolri Bentuk Tim Khusus

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 13 Juli 2022 | 07:23 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Humas Polri)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya akan mengusut kasus penembakan di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo secara transparan.

"Saya sudah minta agar penanganannya betul-betul dengan menggunakan prinsip-prinsip yang berlaku, yaitu kita mengedepankan scientific crime investigation," kata Sigit di Mabes Polri, Selasa, 12 Juli 2022.

Untuk mengusut kasus yang menewaskan Brigadir J, kata Sigit, pihaknya membentuk tim khusus yang dikomandoi Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Selain itu, Komnas HAM dan Kompolnas juga dilibatkan dalam pengusutan kasus ini.

"Kita mengharapkan bahwa kasus ini bisa dilaksanakan secara transparan, objektif dan tentunya karena khusus menyangkut masalah anggota. Kami juga ingin peristiwa yang ada ini betul-betul bisa menjadi terang," katanya.

Kata Sigit, ada dua kasus yang mencuat dalam kasus ini. Pertama yakni percobaan pembunuhan, lalu dugaan kekerasan terkait pencabulan.

"Terkait dengan penanganan kasus ini, walaupun ditangani oleh Polres Jakarta Selatan namun kita tetap minta diasistensi oleh Polda dan Bareskrim Polri," katanya.

Dengan adanya Komnas HAM dan Kompolnas, Sigit berharap, kedua lembaga itu dapat memberi rekomendasi. Sehingga nantinya kasus ini dapat diusut secara transparan

"Rekomendasi dari tim gabungan eksternal dan internal yang telah kita bentuk ini menjadi masukan yang akan digunakan untuk menindaklanjuti. Bisa kita dapatkan untuk melengkapi proses penyelidikan dan penyidikan yang ada," tandasnya. sinpo

Komentar: