Bukan Hanya Menggemaskan, Ini Manfaat dari Memelihara Kucing

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 20 Juli 2022 | 04:07 WIB
Ilustrasi kucing (Instagram)
Ilustrasi kucing (Instagram)

SinPo.id - Kucing menjadi salah satu hewan mamalia yang lazim dijadikan peliharaan. Tingkah kucing yang lucu kerap membuat orang ingin memeliharanya.

Pakar interaksi kucing-manusia dan profesor di Unity College di Maine, Kristyn Vitale mengatakan, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat memelihara kucing adalah dapat mengurangi kecemasan.

"Para peneliti telah menemukan bahwa menghabiskan waktu dengan kucing dapat mengurangi detak jantung pemiliknya serta tekanan darah sistolik dan diastolik,” kata Vitale seperti dilansir dari Shape seperti dikutip dari laman Kompas.

Menurut Vitale, kucing dapat membantu Anda merasa rileks. Kunci untuk melepaskan kekuatan terapeutik ini adalah menjadi proaktif dan terlibat kucing peliharaan anda.

Sementara itu, ahli perilaku hewan dan profesor di Oregon State University, Monique Udell, mengatakan, mengelus kucing juga terbukti dapat mengurangi stres.

"Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa mengelus kucing dapat mengurangi stres. Melakukan perilaku merawat dan melatih atau bermain dengan kucing Anda juga dapat membantu," kata Udell.

Ada sejumlah manfaat yang anda dapat dari memelihara hewan karnivora itu, di antaranya

1. Meningkatkan suasana hati
Dalam sebuah survei tahun 2012, 87 persen pemilik kucing mengatakan bahwa kucing mereka memiliki efek positif pada kesejahteraan mereka, dan 76 persen merasa mereka dapat mengatasi kehidupan dengan lebih baik.

"Penelitian telah menemukan bahwa berinteraksi dengan kucing Anda dapat meningkatkan perasaan negatif, seperti ketakutan atau kecemasan," sebut Vitale.

"Penelitian lain menunjukkan bahwa kucing bisa menjadi sumber kenyamanan," imbuhnya.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, orang melaporkan merasa lebih positif dan berenergi setelah hanya menonton video kucing.

2. Memberikan makna saat Anda menjalani hari-hari

"Memiliki makhluk yang bergantung pada Anda untuk memberi makan dan merawat mereka dapat membantu menciptakan rutinitas dan tujuan," ucap Vitale.

Fokuslah pada penguatan ikatan. Sama seperti manusia, kucing memiliki preferensi yang berbeda.

"Beberapa suka dibelai, sementara yang lain lebih suka menghabiskan waktu di sebelah Anda. Bermain dengan kucing Anda menggunakan mainan, membelainya, menyikatnya, atau hanya berbicara dengannya, dan lihat apa yang paling dia sukai," papar Vitale.

3. Kucing memberikan rasa koneksi
Penelitian menunjukkan bahwa memelihara kucing dapat membantu mengurangi kesepian. Seekor kucing menawarkan persahabatan, bahkan jika dia hanya berbaring di kamar bersama Anda saat Anda bekerja.sinpo

Komentar: