Covid-19 Kembali Melonjak, DPR Minta Masyarakat Ikuti Vaksinasi Booster

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 23 Juli 2022 | 06:43 WIB
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id - Covid-19 sub varian BA 2.75 telah masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, penerapan protokol kesehatan di masyarakat wajib diperketat.

Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengatakan, masyarakat diharapkan mengikuti vaksinasi secara lengkap. Meski diakuinya juga jika Covid-19 varian ini memiliki tingkat fatalitas yang rendah.

"Memang dari sisi fatalitas rate tidak parah. Tapi tetap akan berisiko bagi yang belum divaksin. Jadi harus tetap lebih hati-hati," ujar Rahmad, Jumat, 22 Juli 2022.

Rahmad mengakui, kesadaran masyarakat saat ini untuk vaksin saat ini cukup rendah. Penerapan protokol kesehatan cenderung menurun. 

Menurut politisi PDI Perjuangan ini kebijakan pemerintah saat ini sudah tepat. Namun soal keberhasilannya, semua tergantung dari partisipasi masyarakat itu sendiri.

 "Presiden juga sudah mengajak ayo bermasker lagi. Vaksin booster jadi syarat untuk transportasi umum dan aktivitas masuk mal dan kantor. Sehingga partisipasi masyarakat untuk divaksin diharapkan meningkat," tuturnya. 

"Saya kira kebijakan PPKM tetap masih layak. Secara nasional kita masih darurat. Kita juga tidak tahu kapan pandemi berakhir. Jangan sampai kita mengikuti negara lain yang sudah bebas," sambungnya.

Kendati demikian, kata Rahmad, masyarakat tidak perlu khawatir yang berlebihan. Tetap beraktivitas seperti biasa, tapi diikuti kewaspadaan ekstra. 

"Tetap hati-hati, disiplin prokes dan ikut vaksin. Tetap lindungi orang lain dengan protokol kesehatan," katanya.sinpo

Komentar: