New York Menjadi Pusat Penyebaran Wabah Cacar Monyet

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 31 Juli 2022 | 18:21 WIB
Ilustrasi cacar monyet (SinPo.id/Reuters)
Ilustrasi cacar monyet (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Walikota New York, Eric Adams, mengumumkan keadaan darurat kesehatan, setelah New York dinyatakan sebagai pusat penyebaran wabah cacar monyet (Monkeypox).

“Kami akan terus bekerja dengan mitra federal kami untuk menyediakan lebih banyak dosis vaksin segera,” kata Adams dalam penyataannya, seperti dilansir dari The Guardian, Minggu 31 Juli 2022.

Komisoner Kesehatan AS, Ashwin Vasan, juga mengatakan bahwa sebanyak 150.000 penduduk kota dapat berisiko terinfeksi cacar monyet. Sehingga perintah darurat kesehatan harus segera dikeluarkan di bawah kode kesehatan kota, dan menerapkan langkah-langkah untuk membantu memperlambat penyebaran virus.

“Wabah ini harus dihadapi dengan urgensi, tindakan dan sumber daya yang baik secara nasional maupun global, dan deklarasi darurat kesehatan masyarakat ini mencerminkan keseriusan saat ini," kata Vasan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mencatat sudah ada 1.345 kasus di New York. Sementara California menempati urutan kedua dengan 799 kasus.

"Dalam dua hari terakhir, penyakit cacar monyet telah menjadi ancaman terhadap kesehatan masyarakat dan dideklarasikan sebagai darurat bencana negara," tuturnya.

Hingga saat ini, ada lebih dari 22 ribu kasus cacar monyet yang dilaporkan di hampir 80 negara sejak Mei, dengan sekitar 75 dugaan kematian di Afrika, sebagian besar di Nigeria dan Kongo.sinpo

Komentar: