Dewan Pers SinPo

Google Akan Berhenti Menjawab Sejumlah Pertanyaan Pada Fitur Pencarian

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:20 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/pixabay.com)

SinPo.id -  Fitur pencarian Google akan berhenti menjawab berbagai pertanyaan bodoh yang dianggap tidak masuk akal, mengandung konspirasi, serta berbagai informasi yang menyesatkan. Pengguna akan mendapatkan jawaban lebih sedikit untuk pertanyaan 'Kapan Snoopy membunuh Abraham Lincoln?' yang pernah menyesatkan banyak orang pada masanya.

Karena kita tahu, Snoopy adalah tokoh fiksi berupa anjing jenis beagle peliharaan Charlie Brown, dalam strip komik Peanuts karya Charles M. Schulz, yang tentu saja bukanlah pelaku dari tewasnya Abraham Lincoln.

“Kami telah melatih sistem kami untuk menjadi lebih baik dalam mendeteksi premis palsu yang tidak terlalu umum," kata Kepala Pencarian Perusahaan Google, Pandu Nayak,  dilansir dari The Guardian, Jumat 12 Agustus 2022.

Menurut Nayak, selama ini google telah banyak memberikan informasi palsu atau yang mengandung konspirasi, seperti 'Obama mungkin merencanakan kudeta terhadap komunis', dan sebagainya. Dalam upaya mengatasi akar penyebab kesalahan tersebut, Google juga telah meluncurkan peringatan apabila ada pertanyaan yang tidak sesuai dengan sistem pencarian.

“Ini tidak berarti bahwa tidak ada informasi bermanfaat yang tersedia, atau informasi yang memiliki kualitas rendah,” ujar Nayak menambahkan.

Tercatat jawaban otomotasi dari fitur pencarian Google selama ini telah menjadi duri. Pada tahun 2017, perusahaan teknologi tersebut dituduh telah menyebarkan berita palsu berkaitan dengan pertanyaan 'Apakah Obama merencanakan kudeta?', yang akhirnya disalahgunakan oleh banyak pihak.sinpo

Komentar: