Kawah idjen

Laporan: Sinpo
Jumat, 02 September 2022 | 07:00 WIB
Koran Sin Po, 2 September 1939 (SinPo.id/Monash University)
Koran Sin Po, 2 September 1939 (SinPo.id/Monash University)

Koran Sin Po edisi 2 September 1939 menulis tentang wisata kawah Idjen. Dalam laporannya yang dilengkapi dengan gambar menyebutkan Kawasan wisata kawah gunung di pulau Jawa bagian barat itu menarik.

 “Ini kawah jang berada di pagoenoengan jang angker dan soenji dengen oetan-oetannja, jang masi lebet soenggoe ada satoe pemandangan Alam jang harmonisch, mengagoemken dan menarik hati semingkin lama di pandang semingkin resep,” tulis laporan itu.

SinPo.id - KAWAH Idjen ada sala-satoe kawah jang besar dan bagoes sekali pemandangannja boeat di Djawa Wetan. Ini kawah jang berada di pagoenoengan jang angker dan soenji dengen oetan-oetannja, jang masi lebet soenggoe ada satoe pemandangan Alam jang harmonisch, mengagoemken dan menarik hati semingkin lama di pandang semingkin resep.

Lebarnja itoe kawah dengen aernja jang bagoes dan rata dengen di sana-sini bagian pinggir ada terdapet aer welirang jang berwarna koening mas, tempo-tempo meroepaken kaart dari poelo Java, soenggoe ada mendjadi sematjem periasan boeat itoe kawah.

Tembokan kawah jang berdiri kentjeng, jang mana ada menoendjoeken ia poenja keangkeran di bagian bawahnja poen ada mendapet warna koening jang manis dari hawa welirang, ini pemandangan jang loear biasa boeat kita poenja mata, soenggoe kaliatan indah sekali. Orang bilang, dengen boewah pena sadja tida tjoekoep boeat toetoerken sëgala kagirangan dan kasedihan hati. Sebaliknja saja bilang dengen foto sadja poen tida tjoekoep boeat oendjoek antero kabagoesannja ini Kawah Idjen.

Pembatja jang gemar dengen pemandangan Alam satoe waktoe koedoe dateng njataken sendiri. Boeat bisa sampe di ini kawah Idjen, orang bisa berkandaran auto dari Bondowoso ka pasanggrahan Sempol, di sini bisa menginep dengen dapet makan dengen pembajaran sebagimana biasa dari pasanggrahan gouvernement, tjoema sadja sabelonnja brangkat ada lebih baek pesen tempat doeloe dengen telefoon atawa laennja pada pengoeroes itoe pasanggrahan atawa pada Regentschaps-kantoor, dengen begitoe nanti disediaken satjoekoepnja.

Kaloe maoe meringanken onkost, orang poen bisa tinggal di roemah kapala desa di sitoe. Sasoedanja mengasoken diri satoe malem, besoknja pagi-pagi orang bisa brangkat dengen koeda, kira-kira 2 djam boeat sampe di laen pondok jang lebih tinggi, jaKawah Idjen. itoe Pondok Kawah Idjen jang mendjadi kapoenjahan Irrigatie. Di ini pondok orang poen bisa menginep, kaloe sadja lebih doeloe minta idjin pada jang wadjib. Ini pondok Kawah Idjen terletak di goenoeng jang tingginja 2200 M., maka hawanja poen ada dingin tapi sedjoek. Dari sini orang berdjalan kaki lagi boeat lamanja kira-kira satengah djam dan sampelah di itoe kawah jang ditoedjoe.

Satoe peringetan: kaloe orang soeda sampe di ini kawah, baeklah dengen ati-ati orang naek itoe tangga-tangga jang berada di sabelah kanan boeat bisa sampe di bagian atas sekali, sebab dari sinilah orang nanti baroe bisa dapetKawah Idjen. ken pemandangan jang loeas, boeat liât antero kabagoesannja itoe tempat dengen kawahnja. Ini perdjalanan boeat orang jang gemar sport, kabanjakan dilakoeken, tida naek koeda tapi berdjalan kaki dari pasanggrahan Sempol sampe di ini kawah, naeKtoeroennja djalanan poen tida terlaloe berat, dengen begini, selaennja boeat sport poen ada meringanken onkos koeda jang baja[1]rannja tida moerah. Ka goenoeng Borneo dan g°e" nceng Kloet orang soeda sering pergi, kenapa orang tida banja^ bikin picnic boeat kagoemken iß* Kawah Idjen?sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po 21 April 1928, (Monash University/sinpo.id)
Tiongkok dan Barat.
Minggu, 21 April 2024
Koran Sin Po 30 Maret 1929 (Monahs University/SinPo.id)
Unificatie ka atas atawa ka bawah?
Sabtu, 30 Maret 2024
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024
Koran Sin Po, 3 Maret 1928 (Monash University/SinPo.id)
Sifat nationaal dari sekola.
Minggu, 03 Maret 2024
Koran Sin Po, 19 Februrai 1927 (Monash University/SinPo.id)
Psychology dari Inggris.
Senin, 19 Februari 2024