Hacker Bjorka Klaim Telah Meretas Ribuan Dokumen Milik  Jokowi

Laporan: Sinpo
Sabtu, 10 September 2022 | 04:58 WIB
Ilustrasi hacker
Ilustrasi hacker

SinPo.id - Hacker yang mengklaim Bjorka telah meretas sejumlah dokumen surat menyurat milik Presiden Joko Widodo diduga pada Jumat malam, 9 September 2022.

Bjorka yang sebelumnya mengaku sebagai pihak di balik peretasan 1,3 miliar data registrasi SIM Card itu, kini menyasar orang nomor satu di Republik Indonesia.

Di situs breached.to, Bjorka mengunggah sejumlah dokumen yang diklaim milik Presiden Jokowi pada periode 2019- 2021.

"Berisi transaksi surat tahun 2019 - 2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia," tulisnya di situs tersebut.

Bjorka mengunggah total 679.180 dokumen berukuran 40 MB dalam kondisi terkompres.

Bjorka juga melampirkan beberapa sampel dokumen dalam unggahan tersebut.

Dalam sampel tersebut tampak beberapa judul surat seperti "Surat rahasia kepada Presiden dalam amplop tertutup," "Permohonan Dukungan Sarana dan Prasana," dan "Gladi Bersih dan Pelaksanaan Upacara Bendera pada Peringatan HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2019."

Dalam grup telegram, Bjorka menyebut data yang baru saja ia unggah akan berguna untuk jurnalis dan organisasi masyarakat yang ingin mengetahui dengan siapa Presiden berinteraksi.

"Data yang baru saya bagikan sangat berguna untuk jurnalis dan organisasi masyarakat untuk melihat dengan siapa Presiden berinteraksi pada waktu tertentu," tulisnya.

 sinpo

Komentar: