Punya Satu Ginjal Tetap Bisa Normal, Begini Caranya

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 17 September 2022 | 13:10 WIB
Ilustrasi ginjal/Alodokter
Ilustrasi ginjal/Alodokter

SinPo.id -  Ginjal adalah organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai organ ekskresi dalam tubuh yang berbentuk mirip kacang dan terletak dibelakang perut atau abdomen. Ginjal terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. 

Normalnya manusia memiliki sepasang ginjal yang bekerja sama untuk menyaring darah. Namun, ada beberapa penyebab yang membuat seseorang hanya memiliki satu ginjal saja. 

Melansir dari Halodoc, salah satu penyebab seseorang hanya memiliki satu ginjal adalah cacat lahir. Sebab faktanya, ada orang hanya dilahirkan dengan satu ginjal (agenesis ginjal). Penyebab lainnya termasuk cedera atau penyakit seperti kanker.

Pemilik satu ginjal tetap bisa hidup normal layaknya pemilik ginjal lengkap. Caranya dengan melakukan pemeriksaan rutin, menerapkan pola makan sehat, jangan berolahraga berat, hindari rokok dan alkohol serta banyak minum air putih. 

“Seseorang yang hanya memiliki satu ginjal juga bisa hidup secara normal. Agar tetap sehat, mereka bisa melakukan pemeriksaan rutin, menjaga pola makan sehat dan berhenti merokok serta minum alkohol.” kata dr. Rizal Fadli, dikutip dari laman Halodoc, Sabtu 17 September 2022. 

Adapun beberapa penerapan pola hidup sehat yang dapat dilakukan sebagai berikut : 

Pertama, Lakukan Pemeriksaan Rutin 

Bagi si pemilik satu ginjal, mereka perlu menjalani pemeriksaan rutin sebanyak satu kali dalam setahun. Pemeriksaan meliputi tes darah dan urin hingga pengecekan tekanan darah serta laju filtrasi glomerulus (GRF) guna melihat fungsi penyaringan ginjal.

Kedua, Terapkan Pola Makan Sehat 

Perubahan pola makan termasuk pengurangan asupan garam dan sodium serta makanan tinggi protein. Tujuannya agar tidak memberatkan kerja organ ginjal dalam menyaring darah yang mengandung asupan tersebut. 

Selain tiga jenis makanan yang disebutkan sebelumnya, pemilik satu ginjal juga perlu membatasi makanan tinggi fosfor. Asupan tersebut terdapat dalam susu, dark chocolate, ikan laut, daging dan jeroan serta kacang-kacangan.

Ketiga, Jangan Melakukan Olahraga Berat 

Langkah ini bertujuan untuk melindungi ginjal dari cedera. Disarankan untuk menghindari olahraga dalam intensitas berat termasuk tinju, sepak bola, bela diri, gulat dan hoki.

Saat ingin berolahraga, jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung seperti rompi guna melindungi ginjal dari cedera olahraga. Jenis aktivitas fisik yang disarankan antara lain jalan kaki, bersepeda dan lompat tali atau skipping.

Keempat, Banyak Minum Air Putih 

Banyak minum air putih dapat membantu ginjal menjalankan fungsinya dengan optimal. Organ jadi tidak bekerja berlebihan dalam mengolah dan menyaring urine untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau setara dengan dua liter air.

Kelima, Berhenti Merokok

Merokok dapat memicu kerusakan pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah menuju organ ginjal jadi terganggu. Jika ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, organ tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik, terutama bagi si pemilik satu ginjal.

Keenam, Berhenti Minum Alkohol

Minuman ini dapat menurunkan kemampuan organ ginjal dalam menjalankan fungsi pentingnya yaitu menyaring darah. Akibatnya, keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh jadi terganggu. Kondisi ini berisiko menyebabkan dehidrasi parah.

Ketika ginjal kekurangan asupan cairan, organ tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana fungsinya. Dampaknya tak hanya itu, ginjal bisa saja mengalami kerusakan permanen. 

Sederhananya, si pemilik satu ginjal masih bisa hidup normal dengan penerapan pola hidup sehat seperti yang telah disebutkan di atas. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi multivitamin yang diperlukan oleh tubuh. 
sinpo

Komentar: