Kriss Hatta Samakan Dirinya dengan Leonardo DiCaprio, KPAI Geram

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 28 September 2022 | 21:11 WIB
Kris Hatta dan Leonardo DiCaprio/Google
Kris Hatta dan Leonardo DiCaprio/Google

SinPo.id -  Aktor Kriss Hatta yang menyamakan dirinya dengan aktor hollywood Leonardo DiCaprio, karena memiliki kekasih yang usianya berbeda 20 tahun, langsung mendapat kritikan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Bahkan melalui salah satu akun sosial medianya, Kriss Hatta mengaku bangga memacari anak berusia 14 tahun, sama seperti Leonardo DiCaprio dengan Gigi Hadid yang memiliki jarak usia cukup jauh.

Menanggapi hal itu, Komisioner KPAI, Retno Listyarti geram dengan pernyataanntereebut.

Ia bahkan memberikan kritik agar pernyataan Kriss Hatta sebagai public figure tidak berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak.

"Betul bahwa itu contoh beda usia 20 tahun, namun Gigi Hadid merupakan perempuan dewasa berusia 27 tahun, bukan anak di bawah umur," kata Retno melalui keterangan tertulisnya, Rabu 28 September 2022.

Menurutnya, usia 14 tahun masih termasuk dalam kategori anak-anak yang belum memiliki kematangan psikis dan emosi yang stabil. Sehingga belum mengetahui risiko dari hubungan percintaan yang sedang dijalaninya.

"Anak usia 13-15 tahun adalah usia yang baru saja jadi anak-anak, namun belum masuk remaja, jadi ini masa peralihan. Pada masa ini, terjadi perubahan besar pada diri seorang anak secara fisik dan psikis," paparnya.

Oleh sebab itu, kata Retno, orangtua seharusnya memberikan dukungan kepada anak-anak yang berusi 14 tahun untuk menggali potensinya, mendukung bakatnya, menfasilitasi kesempatan berkarir dan berkarya di masa muda.

"Orangtua seharusnya mendorong minat dan karir anak untuk masa depan, bukan malah mengijinkan anak untuk menikah muda karena berpacaran dengan laki-laki yang jauh lebih tua darinya," tandasnya.sinpo

Komentar: