Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan 129 Orang, Komnas HAM Kirim Tim ke Malang

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 02 Oktober 2022 | 12:55 WIB
Suasana tragedi Kanjuruhan/Istimewa
Suasana tragedi Kanjuruhan/Istimewa

SinPo.id -  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan menurunkan tim untuk melakukan pemantauan atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di stadion Kanjuruhan, Malang.

Tragedi akibat kerusuhan yang terjadi usai pertandingan sepak bola Liga 1 antara Arema Malang FC vs Persebaya Surabaya itu menyebabkan setidaknya 129 orang tewas.


"Menyikapi kerusuhan ini, Komnas HAM RI akan menurunkan tim untuk melakukan pemantauan di Malang," ujar Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan di Jakarta, Minggu 2 Oktober 2022.

Taufan menyebut, pihaknya merasa prihatin  dan menyampaikan duka cita yang mendalam atas tragedi kemanusiaan yang menelan ratusan korban dan ratusan lainnya luka-luka.

Selain itu, Komnas HAM RI juga meminta pemerintah daerah beserta jajaran terkait melakukan penanganan kesehatan yang intensif serta layanan kemanusiaan bagi korban.


"Komnas HAM RI juga meminta kepolisian untuk mengusut peristiwa ini," ujar Taufan.

Sebelumnya diberitakan, terjadi kerusuhan usai pertandingan sepak bola Liga 1 antara Arema Malang FC vs Persebaya Surabaya.

Terbaru korban meninggal akibat tragedi itu sebanyak 129 orang tewas, sementara ratusan orang lainnya mengalami luka-luka.

Setidaknya ada sejumlah rumah sakit yang jadi tempat evakuasi para korban tragedi berdarah tersebut.

Ketiga rumah sakit tersebut antara lain RS Wava Husada, RS Teja Husada, RSUD Kanjuruhan, RS Kota Malang.sinpo

Komentar: