Polri Didesak Segera Ungkap Pelaku Pidana Petaka di Kanjuruhan

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 03 Oktober 2022 | 18:55 WIB
Konferensi pers Menkopolhukam soal petaka Kanjuruhan/ Istimewa
Konferensi pers Menkopolhukam soal petaka Kanjuruhan/ Istimewa

SinPo.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD meminta Polri agar segera dengan cepat mengungkap pelaku yang terlibat pidana saat petaka Kanjuruhan. Dalam insiden ini ratusan korban kehilangan nyawa sia-sia.

Mahfud berharap para pelaku yang telah memenuhi syarat untuk dapat ditetapkan sebagai tersangka agar segera ditindak, dan diumumkan ke publik.

"Diminta Polri dalam berapa hari kedepan segera mengungkap pelaku yang terlibat tindak pidana. Karena harusnya sudah mulai dilakukan agar dapat diumumkan siapa pelaku pidana dari ini yang sudah memenuhi syarat agar segera ditindak," kata Mahfud kepada wartawan di kantornya, Senin 3 Oktober 2022.

"Dan diminta agar Polri melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan keamanan di daerah setempat," jelasnya.

Mahfud juga meminta Panglima TNI Jendral Andika Perkasa agar menindak dengan cepat anggotanya yang terlibat dalam tragedi tersebut, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut Mahfud, di dalam video yang beredar ada juga anggota TNI yang terlihat melakukan tindakan berlebih diluar kewenangannya.

"Apakah video itu benar atau tidak, panglima TNI akan segera meneliti dan mengumumkannya kepada kita semua," ujar Mahfud.

Selain itu, Mahfud juga meminta lembaga otoritas sepak bola tanah air yaitu PSSI supaya segera melakukan tindakan didalam kepengurusan secepatnya, agar PSSI bisa dikendalikan secara baik.
 sinpo

Komentar: