Kebijakan Satu Penumpang Satu Kartu Timbulkan Antrean Panjang, Jaklingko Minta Maaf

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 04 Oktober 2022 | 17:35 WIB
Antrean penumpang di halte TransJakarta/ Instagram @jktinfo
Antrean penumpang di halte TransJakarta/ Instagram @jktinfo

SinPo.id -  PT JakLingko menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang TransJakarta atas keluhan terhadap kebijakan baru yang menyebabkan antrean panjang di sejumlah halte TransJakarta.

Hal ini disebabkan, adanya sistem baru yang dilakukan PT Jaklingko bersama PT Transjakarta yakni, tap in tap out dan one passenger one card (satu penumpang, satu kartu).

Direktur Utama PT JakLingko Kamaluddin menjelaskan, antrean tersebut terjadi karena adanya beberapa penumpang yang belum melakukan tap out pada hari sebelumnya. 

"Kami mohon maaf apabila ada pengguna yang mengalami masalah di pagi hari, karena belum tap out" kata Kamaluddin kepada wartawan, Selasa 4 Oktober 2022. 

Kamaluddin juga menjelaskan, hal tersebut membuat kartu para penumpang menjadi terblokir karena belum tap out. Oleh karena itu, sambungnya, penumpang perlu mereset kartu terlebih dahulu agar bisa melakukan tap in. 

"Jadi di setiap halte itu ada dilakukan reset kartu nanti dibantu oleh petugas TransJakarta, pastikan ada minimal saldo Rp 5.000 di kartu ketika melakukan reset kartu," terangnya. 

Selain itu, Kamaluddin juga meminta penumpang dapat disiplin melakukan tap in dan tap out agar kartu tidak terblokir.

"Perlu disiplin melakukan tap in tap out," kata Kamaluddin.

Lebih lanjut, Kamaluddin menuturkan sosialisasi kebijakan baru tersebut telah dilaksanakan pada media sosial Jaklingko. Dia berjanji kembali melakukan sosialisasi, sehingga informasi tersebut sampai kepada para pengguna TransJakarta. 

"Apabila ada pengguna yang belum mengetahui tentang proses peralihan ini, ke depannya kami akan tingkatkan lagi sosialisasinya," tuturnya. 

Sebelumnya, viral di media sosial, antrean panjang terjadi di sejumlah halte Transjakarta. Beberapa penumpang mengeluhkan adanya kebijakan baru yang menyebabkan antrian panjang tersebut. 

"Ini penumpang di halte bukan numpuk karena nunggu armada tj, tp karena nunggu giliran buat tap out. dear transjakarta, kalau mau ngerubah kebijakan baru lihat-lihat lapangan juga please. bayangin halte sekecil ini+mesin tap in-tap out cuma satu, gmn ga numpuk? @PT_Transjakarta," cuit akun twitter @__bilananda, seperti dilihat, Selasa 3 Oktober 2022.sinpo

Komentar: