Soal Ancaman Ketahanan Pangan, Megawati Optimistis Indonesia Mampu Hadapi Krisis

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 09 Oktober 2022 | 23:13 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (SinPo.id/ist)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (SinPo.id/ist)

SinPo.id - Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, memiliki perhatian khusus terhadap krisis ekonomi dan pangan. Menurut dia, perhatian itu diberikan Megawati dengan harapan Indonesia mampu ke luar dari tekanan ekonomi global sehingga secepatnya dapat menggelorakan ekonomi rakyat.

"Beliau membagi pengalaman lengkap menuntaskan krisis multidimensional, sehingga pada tahun 2004 Indonesia bisa keluar dari krisis," kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 9 Oktober 2022.

Selain itu, kata Hasto, Megawati juga mengimbau agar perguruan tinggi di Indonesia terutama fakultas pertanian, kelautan, dan perikanan bergerak bersama membangun hegemoni di bidang pangan.

"Bu Mega berpesan, mengimbau kepada seluruh perguruan tinggi terutama fakultas pertanian, kelautan, dan perikanan bergerak untuk bagaimana Indonesia membangun hegemoni di bidang pangan," paparnya.

Sementara itu, untuk mencukupi ketahanan pangan bagi rakyat Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), diminta untuk bergerak melakukan penelitian benih-benih unggul.

"Karena itulah politik berdaulat di bidang pangan menjadi pembahasan serius, terutama agar perguruan tinggi pertanian, kelautan, dan perikanan mampu membantu meningkatkan produktivitas pangan," kata Hasto menambahkan.
 sinpo

Komentar: