Soal Penggunaan Parasetamol, Sufmi Dasco: Pemerintah Harus Tegas, Jangan Abu-abu

Laporan: Sinpo
Rabu, 19 Oktober 2022 | 23:13 WIB
Ilustrasi obat-obatan/ net
Ilustrasi obat-obatan/ net

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah tegas mengambil sikap terkait kasus gangguan ginjal akut misterius dialami anak-anak yang diduga karena penggunaan parasetamol. Diduga penyebab kematian puluhan anak di Gambia, Afrika, karena penggunaan parasetamol. 

"Jangan di satu sisi mengimbau, tetapi di sisi lain ada pernyataan dari Wamenkes bahwa parasetamol aman. Pilihannya hanya boleh atau tidak boleh, jika dianggap tidak boleh, maka buat larangan segera bukan himbauan lagi. Jadi tidak abu-abu," ujarnya dalam keterangan yang diterima pada Rabu 19 Oktober 2022. 

Setelah ada larangan tegas, menurut dia, harus diberikan alternatif obat, karena tahu semua bahwa parasetamol sudah menjadi kebutuhan pokok terhadap berbagai penyakit di keluarga. Tentu ketika parasetamol tidak diperjualkan sementara, lalu ada kebutuhan akan parasetamol, punya opsi lain. 

"Tidak seperti sekarang, masyarakat diberikan pernyataan sana-sini, ada dari kementrian, ada dari pejabat, ada dari organisasi dokter dan belum lagi analisa-analisa dari berbagai pihak. Dibutuhkan sebuah keputusan tegas, sambil menunggu penelitian berikan alternatif obat. Jadi tidak simpang siur," ujarnya.

Dia menambahkan, ketidaktegasan akan menimbulkan berbagai reaksi negatif dan fitnah. "Maka putuskan segera, ya atau tidak, bukan himbauan apalagi perdebatan yang tidak perlu," tambahnya.sinpo

Komentar: