Hadiri Forum Parlemen Asia-Pasifik, Puan Suarakan Perdamaian dan Menentang Senjata Nuklir

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 26 Oktober 2022 | 18:50 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat bicara di APPF 30/ Istimewa
Ketua DPR RI Puan Maharani saat bicara di APPF 30/ Istimewa

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengajak negara-negara di kawasan Asia-Pasifik untuk berkomitmen menjunjung tinggi perdamaian dan menciptakan lingkungan yang kondusif.

Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri the 30th Annual Congress of the Asia-Pacific Parliamentary Forum (APPF 30) di  Bangkok, Thailand.

“Tidak ada pembangunan tanpa perdamaian, dan tidak ada perdamaian tanpa pembangunan,” kata Puan dalam forum tersebut, Rabu 26 Oktober 2022.

Selain itu, Puan juga menyuarakan agar APPF menentang keras penggunaan senjata nuklir di tengah ketegangan geopolitik. Karena menurutnya, perang nuklir hanya akan menimbulkan kesengsaraan untuk semua pihak.

"Kita, anggota Parlemen, harus memainkan peran yang lebih besar dalam mempromosikan perdamaian. Kita seharusnya tidak duduk di pagar dalam menghadapi ketegangan geopolitik,” katanya menegaskan.

Istilah dari ‘tidak duduk di pagar’, menurut Puan dapat dimaknai dengan sikap negara-negara kawasan Asia-Pasifik yang tidak boleh netral terkait perang nuklir. Artinya, dibutuhkan sikap tegas dari APPF terhadap penggunaan senjata nuklir.

“Kita harus meyakinkan pemerintah kita masing-masing untuk tidak menggunakan kekerasan dalam resolusi konflik," ungkapnya.

Pasalnya, kata Puan, perdamaian merupakan prasyarat untuk pemulihan berkelanjutan dan memerangi pemanasan global agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi global.sinpo

Komentar: