Arab Saudi Larang Impor Pohon dan Pernak Pernik Natal

Laporan: Sinpo
Jumat, 11 November 2022 | 06:55 WIB
Pohon Natal (ourbow)
Pohon Natal (ourbow)

SinPo.id -  Kerajaan Arab Saudi melarang impor pohon natal dan pernak-perniknya, termasuk simbol lain milik agama selain Islam. pohon-pohon natal adalah simbol agama orang-orang non-Muslim.

Informasi itu disampaikan Otoritas Zakat, Pajak, dan Bea-Cukai Saudi (ZATCA) seperti dilaporkan media lokal Saudi, Alwatan, yang dilansir dari The New Arab, Kamis 10 November 2022. 

Sejumlah media turut melaporkan larangan impor pohon natal. Saluran TV milik negara Saudi Al-Ekhbariya mengunggah video ke YouTube dan Twitter yang juga melaporkan bahwa ZATCA telah mengonfirmasi larangan tersebut.

Namun, kebijakan Kerajaan Arab Saudi itu menuai beragam kritik di tengah liberalisasi negara tersebut. Arab Saudi telah mengizinkan perayaan Halloween, konser pop, dan sejumlah hiburan lainnya.

"Apakah agama kita begitu rapuh sehingga jiwa-jiwa terpengaruh oleh sebatang pohon, atau bahkan partisipasi dunia dalam merayakan ulang tahun seorang pembawa risalah yang kelahirannya kita kenal?. Arab Saudi hari ini menampilkan dirinya sebagai negara toleransi dan akomodasi untuk semua agama dan sekte. Apakah keputusan seperti ini membantu menggambarkan itu? Saya rasa tidak," kata jurnalis Saudi, Turki Al-Hamad melalui akun Twitternya.

Selain melarang pohon natal dan pernak-perniknya, ZATCA juga menegaskan tidak mengizinkan simbol-simbol milik agama selain Islam masuk ke Saudi. Otoritas tersebut sebelumnya menjawab pertanyaan salah seorang pengguna Twitter. 

Namun, unggahan ZATCA atas jawaban tersebut sudah tidak bisa ditemukan. Tidak diketahui siapa yang menghapus unggahan tersebut atau motif di baliknya. The New Arab sudah mencoba menghubungi pihak otoritas Saudi, tapi belum ada tanggapan.sinpo

Komentar: