Sempat Bertemu Jokowi di Forum APEC, Kepala Eksekutif Hong Kong Dinyatakan Positif Covid-19

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 22 November 2022 | 07:45 WIB
Kepala Eksekutif periode keenam Daerah Administratif Khusus Hong Kong, John Lee (Bangkok Post)
Kepala Eksekutif periode keenam Daerah Administratif Khusus Hong Kong, John Lee (Bangkok Post)

SinPo.id -  Kepala Eksekutif periode keenam Daerah Administratif Khusus Hong Kong, John Lee, dinyatakan positif Covid-19. Hal ini, setelah John Lee bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan para pemimpin dunia lainnya di forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok.

"Kepala Eksekutif sedang menjalani karantina sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Pusat Perlindungan Kesehatan," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Al Jazeera, Selasa 22 November 2022.

KTT APEC adalah perjalanan luar negeri pertama Lee sejak menjabat pada bulan Juli lalu. Ia menganggap perjalanan itu sebagai kesempatan untuk mempromosikan kembalinya Hong Kong ke panggung internasional setelah mengakhiri masa karantina wajib untuk setiap kedatangan.

Pasalnya, kedatangan turis mancanegara ke Hong Kong terus menurun 98 persen meskipun aturan wajib karantina yang kontroversial tersebut telah dicabut.

Hong Kong juga mengalami resesi untuk kedua kalinya dalam tiga tahun, dengan ekonomi berkontraksi 4,5 persen pada periode Juli-September setelah menyusut 1,3 persen pada kuartal sebelumnya.

Selama KTT, Lee bertemu dengan Xi dan para pemimpin regional, termasuk Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Indonesia Joko Widodo.



sinpo

Komentar: