Bamsoet Acungi Jempol atas Capaian Akademik Sufmi Dasco

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 01 Desember 2022 | 17:10 WIB
Pengukuhan guru besar Ilmu Hukum Sufmi Dasco Ahmad/ Tim Media Prabowo
Pengukuhan guru besar Ilmu Hukum Sufmi Dasco Ahmad/ Tim Media Prabowo

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) angkat topi atas pencapaian akademik Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Apresiasi ini disampaikan setelah Dasco dikukuhkan sebagai Profesor bidang Ilmu Hukum dari Universitas Pakuan.

Bamsoet menilai gelar tersebut menempatkan posisi Dasco sebagai politisi yang akademis dan akademisi yang berpolitik. Sebagai seorang praktisi politik, kata dia, Dasco bisa mewarnai landscape politik nasional dengan wawasan ilmu pengetahuan yang luas.

"Di dunia akademis Dasco sudah sejak dahulu aktif menjadi dosen ilmu hukum di Universitas Pakuan, Bogor. Beliau juga menjabat sebagai Rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI), Bandung. Tidak heran jika kini beliau dikukuhkan sebagai profesor. Menjadikannya sebagai politisi yang tercerahkan dan mencerahkan," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis, 1 Desember 2022.

Bamsoet sendiri menghadiri Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas Pakuan dalam rangka pengukuhan Dasco sebagai Profesor bidang Ilmu Hukum. Dia juga mengapresiasi orasi ilmiah Dasco yang menekankan pemilu berkualitas sangat ditentukan oleh kualitas partai politik.

Sejarah mencatat, penyelenggaraan pemilu selalu berpotensi menyisakan residu persoalan. Lalu, menyebabkan polarisasi rakyat pada kutub-kutub yang berseberangan, merusak atmosfer persatuan dan kesatuan segenap anak bangsa, dan bahkan memicu konflik horizontal berkepanjangan.

"Sebagai peserta pemilu, partai politik turut bertanggung jawab atas berbagai residu persoalan tersebut. Karena itu, pandangan Dasco sangat tepat dalam menekankan bahwa pembenahan partai politik sangat penting untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas, demi menyukseskan kepemimpinan nasional dalam mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan sebagai akademisi, Dasco sudah banyak terlibat dalam berbagai riset penelitian di bidang ilmu hukum yang telah dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah internasional.

 

Antara lain 'Legal Protection Carried Out by the Financial Service Authority in a Dispute Between Consumers and Insurance Companies in Indonesia' yang diterbitkan dalam International Journal of Social and Administrative Sciences.

 

"Di bidang wawasan kebangsaan Dasco juga telah berkontribusi menghasilkan riset tentang kepemimpinan nasional sesuai karakter Pancasila, dengan judul artikel 'Finding Indonesian National Leaders Based on Pancasila's Character', yang dimuat dalam The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention. Dasco juga melahirkan beberapa karya buku, antara lain Eksistensi Hukuman Mati di Indonesia; serta Politik Media Massa dan Kebohongan," kata Bamsoet.sinpo

Komentar: