TNI-Polri Kerahkan Ribuan Personel Bersihkan Puing Pasca Gempa Cianjur

Laporan: Sinpo
Jumat, 09 Desember 2022 | 16:00 WIB
Persiapan pembersihan puing gempa Cianjur oleh TNI-Polri/ Dok. Polri
Persiapan pembersihan puing gempa Cianjur oleh TNI-Polri/ Dok. Polri

SinPo.id - Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana didampingi Danrem Surya Kencana Bogor Brigjen TNI Rudy Saladin mempimpin apel gabungan recovery, pasca terjadinya gempa bumi dan kesiapan penanganan serta penanggulangannya. Apel bertempat di Lapangan Stadion Badak Putih Cianjur, Jumat, 9 Desember 2022.

Suntana mengatakan, apel digelar untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar TNI-Polri membantu masyarakat untuk membersihkan puing-puing bangunan pasca gempa. Hal ini guna mempercepat proses recovery rumah-rumah warga masyarakat yang rusak.

"Untuk pembersihan puing-puing ini Polri mengerahkan ribuan personel baik dari Mabes Polri, Polda Jawa Barat maupun Polres Cianjur," kata Suntana dalam keterangan tertulisnya.

Hari ini, kata Suntana dilaksanakan pembersihan di 20 titik. Pembersihan puing-puing juga akan dibantu Satpol PP dan Kementrian PUPR, warga masyarakat, serta relawan.

"Mereka semua akan membantu bersama TNI Polri membersihkan puing-puing di lingkungan rumah warga, yang mengalami kerusakan ringan, sedang, maupun rusak berat," katanya.

Suntana juga berharap dengan adanya bantuan dari TNI-Polri, serta pemerintah daerah dapat mempercepat proses pemulihan. Pembersihan puing menggunakan 4 alat berat escavator dan 12 truk untuk mengangkut proses puing-puing yang nanti akan dipindahkan.

"Pada pembersihan puing-puing tersebut, harus ada persetujuan dari pemilik rumah," katanya.sinpo

Komentar: