Perkemahan di Kuala Lumpur Tertimbun Tanah Longsor, 13 Orang Dilaporkan Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 16 Desember 2022 | 14:49 WIB
Kondisi lokasi tanah longsor di Kuala Lumpur/AP Photo
Kondisi lokasi tanah longsor di Kuala Lumpur/AP Photo

SinPo.id -  Setidaknya 13 orang dilaporkan tewas terkubur tanah longsor yang menimpa perkemahan di timur laut ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, pada dini hari. Sementara belasan lainnya dilaporkan hilang.

Layanan darurat yang termasuk petugas dari 12 stasiun pemadam kebakaran dan pertahanan sipil, hingga kini masih melakukan pencarian dan penyelamatan, sejak menerima panggilan darurat pada pukul 2.24 pagi.

Salah satu warga sipil yang berkemah di lokasi kejadian, Leong Jim Meng, mengatakan dia dan keluarganya sedang tidur di dalam tenda ketika tanah longsor terjadi.

"Kami merasakan tanah bergerak dan tanah turun," kata pria berusia 57 tahun itu, menambahkan bahwa lumpur menutupi tenda mereka tetapi mereka berhasil melarikan diri ke area parkir mobil tempat dia menelepon layanan darurat. Dilansir dari Al Jazeera, Jumat 16 Desember 2022.

Seorang lainnya yang berkemah di sana, Teh Lynn Xuan, mengatakan dia dan ibunya berhasil merangkak keluar dari tenda mereka bahkan setelah terguling dalam tanah longsor, tetapi salah satu saudara laki-lakinya telah meninggal dan yang lainnya dirawat di rumah sakit.

"Semuanya terjadi terlalu cepat," kata pria berusia 22 tahun tersebut.

Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim mengatakan dia terkejut mendengar berita tentang tanah longsor tersebut dan langsung memberikan pengaharan kepada petugas untuk upaya penyelamatan. Sementara beberapa menteri lainnya sudah berada di lokasi kejadian.

“Mari berdoa untuk rakyat Malaysia dan semoga misi ini berjalan lancar,” katanya dalam sebuah pernyataan.
sinpo

Komentar: