Ahmad Ali: NasDem Tak Curi tapi Start Duluan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 16 Desember 2022 | 21:12 WIB
Logo Partai NasDem/ Dok. NasDem
Logo Partai NasDem/ Dok. NasDem

SinPo.id - Partai NasDem menegaskan tak pernah mencuri start kampanye Pemilu 2024. Partai besutan Surya Paloh ini hanya melakukan start lebih dulu dari partai politik (parpol) lain.

"NasDem itu tidak mencuri start, tapi start duluan," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 16 Desember 2022.

Tak hanya itu, Ali menilai safari politik Anies ke sejumlah daerah merupakan kewajiban yang melekat pada bakal calon presiden (capres). Partai NasDem ingin masyarakat mengenal dekat sosok Anies.

"Bahwa rakyat itu dia tidak hanya menjadi objek, tetapi subjek. Mereka harus mengenal calon pemimpinnya karena kepada pemimpin itulah mereka menumpukan masa depan mereka," kata Ali.

Ali mempertanyakan tudingan Bawaslu yang menyebut Anies mencuri start kampanye. Dia bahkan meminta Bawaslu menunjukkan aturan yang dilanggar Anies.

"Mencuri start apa? Apa yang dicuri startnya? Emang sudah diatur apa? Aturan apa yang dilanggar oleh Anies hari ini?" kata dia.

Dia menegaskan tak ada aturan yang dilanggar Anies sejauh ini. Apalagi, belum ada pendaftaran resmi calon presiden dan calon wakil presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jadi curi start itu ketika sudah ada tahapan sudah ada pasangan calon presiden sudah didaftarkan itulah yang disebut calon presiden. Nah mulai dari situ berlaku aturan-aturan pemilu," kata dia.

Sebelumnya, anggota Bawaslu RI Puadi menyinggung safari politik Anies. Kegiatan Anies itu bahkan dianggap tak etis karena terkesan mencuri start kampanye.

 sinpo

Komentar: