Bill Gates: Perubahan Iklim Saat Ini Dapat Berdampak pada Masa Depan

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 20 Desember 2022 | 17:13 WIB
Bill Gates/ AP Photo
Bill Gates/ AP Photo

SinPo.id - Berbicara tentang perubahan iklim (climate change), Bill Gates mengatakan bahwa hal itu dapat berpengaruh terhadap dunia di masa depan, sehingga harus diperangi bersama.

Menurutnya, seberapa baik generasi pemimpin saat ini menanggapi perubahan iklim, akan berdampak pada generasi mendatang agar mereka memiliki kesempatan untuk bertahan hidup dan berkembang.

“Saya dapat menyimpulkan solusi untuk perubahan iklim dalam dua kalimat: Kita perlu menghilangkan emisi global gas rumah kaca pada tahun 2050,” tulis Gates, dilansir dari CNBC, Selasa, 20 Desember 2022.

“Cuaca ekstrem telah menyebabkan lebih banyak penderitaan, dan jika kita tidak mencapai emisi net-zero, cucu kita akan tumbuh di dunia yang jauh lebih buruk," imbuhnya.

Ia menyatakan bahwa untuk menghadapi tantangan tersebut tidaklah mudah, karena untuk mencapai emisi net-zero akan menjadi hal tersulit yang pernah dilakukan manusia.

“Kita perlu merevolusi seluruh ekonomi fisik, bagaimana kita membuat sesuatu, bergerak, menghasilkan listrik, menanam makanan, dan tetap hangat dan sejuk, dalam waktu kurang dari tiga dekade," paparnya.

Gates mulai menangani perubahan iklim ketika dia mengetahui tentang perjuangan petani kecil di negara-negara tempat organisasi filantropinya bekerja.

“Ini dimulai dari gagasan bahwa yang termiskin paling menderita akibat perubahan iklim, tetapi bisnis tidak memiliki insentif alami untuk membuat alat yang membantu mereka,” tulisnya.

“Perusahaan benih dapat memperoleh keuntungan dari, katakanlah, tomat jenis baru yang memiliki warna merah yang lebih bagus dan tidak mudah memar, tetapi tidak memiliki insentif untuk membuat galur singkong yang lebih baik yang bertahan dari banjir dan kekeringan dan cukup murah untuk petani berpenghasilan rendah di dunia."

Oleh karena itu, kata Gates, dekarbonisasi industri global adalah masalah yang terlalu besar bahkan untuk biaya yang besar.sinpo

Komentar: