MPR Minta Komitmen Pemerintah Jaga Harga Produk di Pasar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 20 Desember 2022 | 17:29 WIB
Ilustrasi inflasi (SinPo.id/pixabay.com)
Ilustrasi inflasi (SinPo.id/pixabay.com)

SinPo.id -  MPR RI meminta komitmen pemerintah menjaga stabilitas dengan cara tak menaikkan harga produk di pasaran. Kebijakan pemerintah diharap tidak menambah risiko inflasi yang membuat melemahnya kondisi sektor riil.

"Seperti menurunnya daya beli masyarakat, ancaman pemutusan hubungan kerja atau PHK, dan pemangkasan upah," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet, selasa 20 Desember 2022.

Bamsoet berharap pemerintah menyiapkan strategi yang tepat menghadapi kemungkinan inflasi. Salah satunya, memberikan subsidi terutama terhadap bahan pokok produksi. “Agar meringankan pengusaha dalam memproduksi sekaligus memberikan ketentraman bagi masyarakat menjelang 2023,” kata Bamsoet menambahkan.

Ia juga meminta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memetakan sektor yang berpotensi mengalami peningkatan biaya produksi. Menentukan langkah preventif yang tepat agar masyarakat tidak menanggung risiko yang berat akibat inflasi. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini meminta pemerintah mengambil langkah dengan memberikan insentif pajak dan stimulus bagi pelaku industri. Sehingga, pelaku industri bisa menekan margin profit dan menahan kenaikan harga di pasaran.

"Agar tidak terjadi penurunan daya beli dan permintaan masyarakat yang dapat berdampak pada meningkatnya risiko terjadinya inflasi," kata Bamsoet menegaskan.sinpo

Komentar: