Memilih Makanan Agar Tetap Sehat saat Perayaan Natal

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 25 Desember 2022 | 08:20 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Perayaan Natal biasanya dirayakan dengan makan bersama keluarga dan orang-orang terdekat lainnya. Tentunya, dengan hidangan yang lezat khas Natal. Namun, bila makan dengan berlebihan, kemudian bermalas-malasan setelahnya, tentu dapat berdampak buruk pada kesehatan. 

Untuk itu, perlu juga diperhatikan beberapa tips memilih makanan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Memilih buah-buahan dan sayuran tentu bisa jadi pilihan utama. 

“Ada beberapa tips makan yang bisa dilakukan agar tetap sehat saat perayaan natal. Seperti mengutamakan buah dan sayuran segar, memilih makanan yang dikukus dan lain-lain” kata dr. Rizal Fadli dikutip dari Halodoc, Minggu 25 Desember 2022. 

Melansir Halodoc, berikut ini beberapa tips memilih makanan saat perayaan Natal yang perlu diperhatikan: 

Utamakan buah dan sayuran segar 

Meskipun sedang liburan, pola makan sehat tetap harus dijaga. Jadi, setiap kali acara makan, usahakan lah untuk tetap mengonsumsi buah dan sayuran segar. 

Dikemas dengan vitamin, mineral dan serat, makanan sehat ini bisa membuat kamu kenyang tanpa memberikan kalori yang tinggi. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari godaan untuk makan secara berlebihan saat perayaan natal. 

Bila bosan mengonsumsi buah dan sayuran yang hanya itu-itu saja, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai menu yang menarik. Misalnya, membuat salad buah, smoothies sayur dan buah, dan lain. Selain sehat, rasanya pun juga enak dan menyegarkan. 

Pilihlah makanan rebus atau kukus 

Memang sulit menahan godaan dari mengonsumsi gorengan, makanan gurih yang kaya bumbu, makanan berlemak, dan makanan manis yang tersaji saat perayaan natal. Namun, usahakanlah untuk membatasi berbagai jenis makanan tidak sehat tersebut.

Sebaliknya, isilah piring kamu dengan lebih banyak makanan yang direbus atau dikukus. Selain itu, makanan yang dipanggang juga bisa menjadi opsi yang lebih sehat untuk dikonsumsi di hari natal.

Kurangi alkohol dan minuman manis 

Tidak hanya berbagai hidangan yang berlemak, perayaan natal juga identik dengan minuman manis, bahkan alkohol.  Minuman manis dan alkohol tinggi kalori? Sekaleng cola 330ml bisa memberikan 139 kalori, sedangkan wine dan bir bisa memberikan antara 150 hingga 225 kalori. 

Untuk mengurangi asupan kalori dan gula, pilihlah air putih atau minuman sehat lainnya daripada minuman manis dan alkohol. 

Hindari sosis dan makanan olahan 

Sosis dan daging olahan lainnya biasanya juga hadir sebagai hidangan praktis dan favorit banyak orang. Namun, makanan tersebut mengandung lemak jenuh, garam, dan pengawet yang bila dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker usus.

Jadi, ketika sedang makan barbeku, gantilah sosis dengan burger patty yang dibuat menggunakan daging cincang tanpa lemak atau tusuk sate dari daging tanpa lemak.

Pilihlah makanan penutup dengan bijak 

Tidak ada salahnya untuk bersenang-senang di hari natal dengan menikmati berbagai hidangan penutup yang manis, tapi konsumsilah dengan bijak. Misalnya, carilah seseorang untuk berbagi dessert atau pilihlah makanan penutup yang berbahan dasar buah. 

Banyak makanan penutup yang tinggi gula. Mereka bisa memberi kita energi, tapi sangat sedikit nutrisi untuk kesehatan. Selain itu, sering mengonsumsi gula secara berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Berhati-hati mengonsumsi makanan ringan 

Berbagai kue kering, seperti nastar, putri salju, stik keju, juga menjadi makanan yang kerap hadir saat natal. Rasanya yang enak dan ukurannya yang kecil bisa membuat siapa saja menjadi kalap saat mengonsumsinya. Tanpa sadar, satu toples bisa habis dalam dua hari.

Meskipun ukurannya kecil, camilan ringan di atas bisa memberikan banyak kalori. Jadi, alih-alih mengonsumsi kue kering, pilihlah buah beri atau ceri sebagai camilan pada hari natal.

 

 sinpo

Komentar: