Ramadan

Empat Rekomendasi Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

Oleh: Panji Septo
Rabu, 13 Maret 2024 | 16:33 WIB
Buah Kurma. (foto:Oke Atmaja)
Buah Kurma. (foto:Oke Atmaja)

SinPo.id - Takjil merupakan sajian yang biasanya disantap saat berbuka puasa pada bulan Ramadan. Meski tergolong makanan ringan, namun takjil punya peran penting.

Agar tetap bisa beribadah puasa Ramadan dan kesehatan terus terjaga, santapan takjil juga harus dikontrol agar Anda mendapat asupan yang sehat dan bergizi.

Berikut ini 4 menu takjil sehat yang bisa mengisi kembali energi dengan cepat dilansir dari berbagai sumber.

1. Kurma

Makanan para nabi ini kaya akan gula alami yang sehat, karbohidrat, serat, dan antioksidan alami. Kandungan gula yang dimiliki kurma ini mampu mengisi energi tubuh dengan cepat.

2. Es Buah

Buah-buahan yang tinggi serat dan vitamin sangat baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah sangat dianjurkan saat berbuka puasa. Namun, jangan gunakan gula dan konsumsi es secara berlebihan.

3. Kolak

Sajian yang sangat melekat dengan budaya Indonesia ini punya banyak manfaat dan kesehatan. Selain bisa menambah energi dari rasanya yang manis, kandungan serat dari ubi dan pisang juga baik untuk pencernaan.

4. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau mengandung berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh. Di antaranya, folat, zinc, potasium, mangan, dan magnesium.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, dan banyak nutrisi lainnya.sinpo

Komentar: