Jokowi Instruksikan KSAL Baru untuk Berantas Penyelundupan di Perairan Indonesia

Laporan: Sinpo
Rabu, 28 Desember 2022 | 22:16 WIB
Upacara sertijab Pangkogabwilhan I/ Puspen TNI
Upacara sertijab Pangkogabwilhan I/ Puspen TNI

SinPo.id - Laksamana Muhammad Ali resmi menjabat Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Dia menggantikan Laksamana  Yudo Margono yang saat ini menjadi Panglima TNI.

Upacara pelantikan Ali sebagai KSAL dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan dilaksanakan di Istana Negara, Rabu, 28 Desember 2022.

Ali menjelaskan, Presiden menyampaikan sejumlah amanat kepadanya selaku KSAL. Untuk waktu dekat ini, TNI AL diminta mengantisipasi akibat cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di perairan Indonesia.

“Kalau bulan-bulan ini kan cuaca ya, cuaca yang kurang bersahabat di bulan-bulan Desember ini. Tapi kalau masalah kerawanan lain adalah penyelundupan. Bapak Presiden juga menekankan untuk mencegah atau menghentikan kegiatan penyelundupan maupun kegiatan ilegal di laut atau lewat laut lainnya," ujar Ali di Istana Negara, Rabu, 28 Desember 2022, seperti dikutip website Setkab.

Jokowi, kata Ali, juga menginstruksikan untuk pengembangan alutsista TNI AL. Salah satunya yakni pengembangan industri perkapalan dalam negeri.

“Kekuatan alutsista dari Bapak Presiden utamakan atau kembangkan industri perkapalan dalam negeri untuk Angkatan Laut, terutama dalam pembangunan kekuatan yang berupa KRI,” katanya.

Ali menambahkan akan melanjutkan kebijakan dari KSAL terdahulu Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat Panglima TNI.

“Ya, saya pasti akan melanjutkan apa yang telah dibuat oleh beliau. Beliau sudah banyak mengembangkan atau membangun kekuatan Angkatan Laut dan ini saya teruskan, kebijakan beliau akan saya teruskan. Dan mungkin ada sedikit pengembangan, itu kita lihat hal-hal yang belum selesai kita selesaikan,” pungkas mantan Pangkopgabwilhan I ini.sinpo

Komentar: