Cak Imin Dorong Pemerintah Cari Solusi Distribusi Pangan di Tengah Cuaca Buruk

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 29 Desember 2022 | 14:53 WIB
Muhaimin Iskandar/Parlementaria
Muhaimin Iskandar/Parlementaria

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, mendorong pemerintah untuk cari solusi agar pasokan pangan ke sejumlah wilayah tetap terjaga.

Pasalnya, Cuaca buruk dan fenomena gelombang tinggi telah berimbas pada terhambatnya penyaluran dan distribusi bahan pangan di sejumlah wilayah Indonesia, khususnya wilayah terpinggir dan terluar.

"Kondisi sekarang memang dilematis, cuaca buruk dan gelombang tinggi tidak bisa dihindarkan yang membuat distribusi pangan jadi terhambat, terutama ke wilayah kepulauan. Saya kira pemerintah harus segera mencari solusi dan memastikan pasokan pangan aman," kata Cak Imin, Kamis 29 Desember 2022.

Ia menyarankan pemerintah pusat dan daerah untuk mengintensifkan koordinasi dalam menangani masalah pangan dapat melakukan optimalisasi koordinasi sekaligus kerja sama dengan daerah lain.

"Kuncinya koordinasi antar pemerintah, baik pusat maupun daerah. Pusat harus lebih intensif cek kebutuhan-kebutuhan di daerah terutama yang di kepulauan, terpinggir dan terluar. Prioritaskan mereka dalam distribusinya," paparnya.

Karena menurutnya, koordinasi antardaerah berperan memangkas jalur distribusi penyediaan pangan, terutama saat dilanda cuaca buruk. Sehingga kerja sama antardaerah sangat penting dalam mengurangi risiko inflasi komoditas pangan.sinpo

Komentar: