Mendag Optimis Perdagangan Tumbuh Positif di Tahun 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 04 Januari 2023 | 13:03 WIB
Mendag Zulkiflo Hasan/Kemendag
Mendag Zulkiflo Hasan/Kemendag

SinPo.id -  Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menyatakan optimismenya mengenai sektor perdagangan Indonesia yang diperkirakan akan tumbuh positif pada tahun 2023, meski penuh tantangan dan dinamika ekonomi global.

"Capaian sektor perdagangan sepanjang tahun 2022 telah memberikan optimisme untuk menyambut tahun 2023," kata Zulkifli melalui keterangan tertulisnya, Rabu 4 Januari 2023.

Ia menyatakan Kemendag sudah memiliki beberapa strategi kebijakan dalam menghadapi dinamika perekonomian dan perdagangan global yang penuh ketidakpastian. 

Strategi tersebut yakni, dukungan peningkatan nilai tambah produk yang diperdagangkan melalui hilirisasi industri, transisi perdagangan hijau, ekspansi dan penetrasi ke pasar ekspor nontradisional seperti Afrika, Asia Selatan, dan Timur Tengah, serta peningkatan akses pasar internasional melalui perjanjian perdagangan, pameran, maupun misi dagang.

Selain itu, kata Mendag, penguatan pasar dalam negeri juga akan terus dilakukan dengan beberapa hal, salah satunya dengan menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok.

"Kemudian peningkatan dan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui digitalisasi. Lalu pemanfaatan instrumen trade remedies, serta pengendalian impor secara selektif," ungkapnya.
sinpo

Komentar: