Mendagri Harap Lebaran Jadi Sarana Bersatu, Move On dari Pemilu

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 10 April 2024 | 12:58 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. (SinPo.id/Antara)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap, suasana Idul Fitri 2024, membawa kedamaian bagi seluruh bangsa, terlebih usai perhelatan Pemilu 2024. 

Menurut Tito, semua komponen bangsa harus bersatu, demi membangun Indonesia menjadi negara maju. 

"Hari Raya Idul Fitri, Insya Allah akan membawa kebahagiaan, kemudian situasi yang lebih baik, lebih tenang, lebih damai. Apalagi perhelatan besar pemilu sudah hampir selesai, tinggal menunggu keputusan MK dan juga semua bersatu sebagai anak bangsa untuk melangkah lebih maju, kita move on," kata Tito di Masjid Istiqlal pada Rabu, 10 April 2024.

Selain itu, Tito mengaku telah memberi arahan kepada seluruh kepala daerah untuk menjaga situasi pasca pemilu. Kepala daerah harus kembali merekatkan persatuan masyarakat yang sempat renggang akibat perbedaan pilihan politik.

"Saya sebelumnya sudah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah. Saya sudah meeting. Pertama saya minta seluruh kepala daerah menjaga situasi yang sudah cukup waktu pada waktu pemilu dan pasca pemilu, merajut kembali perbedaan di antara masyarakat," ujarnya.

Tito juga meminta kepala daerah agar menjaga pelaksanaan ibadah Ramadan dan Lebaran berjalan baik, termasuk  menjaga toleransi.

Tito juga mengingatkan kepala daerah untuk menjaga kesediaan pangan, dan kelancaran arus mudik.

"Yang ketiga dalam rangka hari raya, selain juga kesediaan pangan dan harga jangan sampai terjadi lonjakan. Yang kedua adalah menjaga arus mudik dan arus balik. Jadi saya minta kepala daerah dan Pj kepala daerah semua turun ke lapangan untuk mengecek daerahnya masing-masing agar arus mudik dan arus balik nanti diyakinkan untuk tetap lancar," ujarnya.sinpo

Komentar: